Saturday, March 29, 2014

7 Makanan Sehat Mencegah Munculnya Jerawat

Blog Dokter - Masalah kulit merupakan masalah utama bagi siapa saja. Apalagi jika hal tersebut adalah kulit wajah anda. Wajah memang sangatlah sensitif jika wajah anda terkena masalah maka anda sebaiknya segera mengatasinya. Terutama jika wajah anda berjeawat , tidak ada yang bisa anda lakukan selain mencari cara agar tidak berbekas nantinya.

Namun sebelum mengatasinya ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan apa sajakah makanan yang bisa membantu anda untuk menghindarkan jerawat.

7 Makanan Sehat Mencegah Munculnya Jerawat

makanan untuk kulit
Ilustrasi Wanita Terhindar dari jerawat
Berikut 7 Makanan yang sehat dan dapat menghindarkan anda dari jerawat

1. Ikan Salmon dan Tuna
Kandungan dalam ikan tuna sangatlah baik. Ikan salmon dan tuna mengandung buiton, jenis vitamin B yang memproduksi asam lemak dan asam amino yang baik untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Kekurangan biotin bisa menyebabkan kulit kering dan bersisik.

2. Biji Chia
Biji chia adalah biji dari tanaman yang masih satu famili dengan mint dan umumnya tumbuh di Amerika juga Meksiko. Biji chia mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga sel membran agar menjalankan fungsinya untuk membuat kulit tetap terlindungi dari radikal bebas serta mempertahankan kelembabannya.

3. Ubi Manis
Mengonsumsi ubi manis akan menjaga kecukupan air di dalam tubuh, membuat kulit dan sel-sel lainnya terhidrasi. Ubi yang berwarna oranye juga kaya akan vitamin A yang bisa mengubah warna kulit jadi merona dan kuning langsat.

4. Almond
Diperkaya dengan vitamin E, kacang dengan rasa yang gurih ini bisa membantu menjaga kesehatan dan kelembaban kulit. Rajin mengunyah kacang almond tiap hari juga bisa membantu menambah ketahanan kulit terhadap efek buruk sinar matahari.

5. Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari juga merupakan sumber vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan luar maupun dalam tubuh. Perlu diketahui, radikal bebas dalam jumlah besar bisa merusak sel-sel tubuh, termasuk sel kulit.

6. Karbohidrat Kompleks
Makanan yang diproses dan tepung putih bisa meningkatkan peradangan dan menyebabkan munculnya jerawat. Ganti nasi putih, mie atau pasta dengan beras merah dan jenis karbohidrat kompleks lainnya seperti roti gandum, oatmeal atau kacang-kacangan yang glikemik indeksnya rendah, sehingga bisa mengurangi jerawat.

7.Jus Jeruk Segar
Jeruk kaya akan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dan sel-sel tubuh lainnya dari kerusakan, akibat radikal bebas dari lingkungan juga dalam tubuh. Vitamin C juga membantu memperbanyak produksi kolagen, jenis protein yang penting untuk elastisitas kulit.

Terima kasih telah membaca 7 makan sehat yang dapat menghindari anda dari jerawat. Semoga dengan makanan diatas wajah anda tetap mulus tanpa timbulnya jerawat.

Baca juga : 8 Tips Ampuh Membersihkan Komedo

No comments:

Post a Comment