Friday, September 26, 2014

Tips Menghemat Uang Jajan

 http://sin.stb.s-msn.com/i/51/C050FBCDFED821A5726FE67F143D.jpg
Kita sering mendapatkan uang jajan ketika akan berangkat ke sekolah. Bahkan, ada beberapa orangtua yang tetap memberikan jatah uang jajan meski sedang libur. Apa yang kamu lakukan dengan uang jajan itu?
 
Sebenarnya, uang jajan tidak harus dihabiskan untuk bersenang-senang. Ada baiknya kamu juga menyisihkan sebagian dari uang jajan untuk ditabung. Jadi, saat kamu membutuhkan suatu barang kamu bisa membelinya dengan uang tabungan tersebut.

Namun, untuk bisa menyisihkan uang jajan itu tidaklah mudah. Terkadang, ada saja godaan yang membuat kamu akhirnya malah menghabiskan uang jajan. Agar hal ini tidak terjadi terus-terusan, berikut ada beberapa hal yang bisa membantu kamu menghemat uang jajan.


Pisahkan uang jajan
Baik uang jajan bulanan, mingguan ataupun harian, usahakan buat memisahkan 30 persen uang jajan kita di tempat lain. Misalnya, bawa dua dompet buat kedua uang itu. Kalaupun enggak, simpan uang di rumah dan enggak usah kita bawa.


Ajak teman
Berhemat pasti lebih asyik dilakukan bareng-bareng. Soalnya, kita jadi punya alarm buat mengingatkan penghematan kita. Ajak teman yang suka main bareng sama kita, jadi kita bisa lebih mudah menghindari yang namanya terlalu sering main bareng.


Buat daftar pantangan
Punya kebiasaan membeli sesuatu yang bikin menyesal karena sebenarnya enggak kita perlukan? Buat daftar barang atau makanan yang enggak boleh kita beli selama penghematan dan pasang di tempat yang memungkinkan kita buat sering-sering melihatnya. 


Kemauan dan niat kuat
Kalau kemauan dan niat kita kuat, penghematan kita pasti berjalan lancar. Selalu ingatkan diri kita sendiri soal penghematan ini. Kalau perlu, cetak barang yang kita mau itu dan tempel di sisi tempat tidur buat penyemangat.


Bawa bekal
Jajan di luar memang lebih boros daripada bawa bekal, tapi kita boleh melakukannya selama penghematan, kok. Pilih satu hari buat enggak bawa bekal dan jajan makanan favorit kita di kantin. Selebihnya kita bisa membawa bekal makanan, camilan dan minuman dari rumah. Lebih sehat dan hemat, kan?

No comments:

Post a Comment