Wednesday, September 10, 2014

Pagoda Shwedagon Tujuan Utama Wisata di Myanmar

Diposkan oleh Dino Lesmana



Pagoda Shwedagon, Yangon Myanmar.


Kita boleh berbangga hati, negara kita Indonesia memiliki Monumen Nasional (Monas) yang menjadi tujuan wisata Ibu Kota, namun jangan terlalu berbesar hati, mari kita lihat tetangga kita sesama Negara ASEAN 'Myanmar' juga memiliki Monumen yang tidak kalah menariknya dari apa yang kita miliki.

Pagoda Shwedagon  adalah pagoda paling populer dan terkenal di Yangon, Myanmar. Pagoda ini merupakan salah satu tujuan wisata utama di Myanmar. Terletak di No.1. Shwedagon Pagoda Road. Dagon Township. di Yangon. pagoda ini adalah bangunan paling penting di Yangon. Pagoda Shwedagon  adalah monumen besar berbentuk kerucut Buddha yang menjadi mahkota bukit sekitar satu mil utara Cantonment. Pagoda itu sendiri adalah batu bata stupa padat (relik Buddha) yang benar-benar tertutup dengan emas. tinggi 326 kaki (99 m) di sebuah bukit 168 kaki (51 m) di atas kota.

Di Naypyitaw, Ibu Kota baru Myanmar terdapat juga Pagoda Uppasanti di bagian selatan Naypyitaw. Pagoda tersebut juga sering disebut sebagai replika Pagoda Shwedagon, pagoda terbesar di Yangon.

Di pagoda itu, nanti dipajang patung Buddha batu yang persis dengan patung Buddha di Candi Borobudur. Patung tersebut merupakan pemberian pemerintah Indonesia pada Juni 2010. nah untuk replika yang satu ini Indonesia berperan. Dubes Indonesia Sebastianus Sumarsono menyerahkan patung tersebut kepada menteri agama Myanmar untuk memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Myanmar. Kementerian agama setempat masih menyiapkan tempat di salah satu sudut Pagoda Uppasanti untuk patung dari Indonesia itu.

Struktur Pagoda Shwedagon 

Perimeter dasar Pagoda adalah 1.420 dan tinggi 326 meter di atas nya platform. Dasar ini dikelilingi oleh 64 pagoda kecil dengan empat besar. satu di pusat setiap sisi. Ada juga yang 4 sphinx. satu di setiap sudut dengan 6 leogryphs. 3 pada setiap sisi dari mereka. Memproyeksikan luar dasar Pagoda. satu di pusat setiap sisi Tazaungs di mana adalah gambar dari Buddha dan di mana persembahan dibuat.



Ada juga tokoh gajah meringkuk dan laki-laki berlutut. dan tiang untuk persembahan di sekitar pangkalan. Di depan 72 kuil yang mengelilingi dasar Pagoda. Anda akan menemukan di beberapa tempat gambar singa. ular. raksasa. yogi. roh. atau Wathundari. Di dinding di bawah teras pertama dari Pagoda di barat-selatan Ward dan Barat-Utara Ward sudut. Anda akan melihat angka timbul. Yang pertama merupakan Raja Okkalapa yang pertama kali dibangun Pagoda. Yang terakhir adalah sepasang angka; satu di atas merupakan Sakka yang membantu dalam dasar dari Pagoda. dan yang di bawah ini. Me Lamu. permaisuri Sakka dan ibu dari Okkalapa.

Terowongan Pagoda Shwedagon 

Ada 4 pintu masuk yang mengarah ke dasar Pagoda Shwedagon ini besar.

Tidak ada yang yakin apa yang ada di dalam. Menurut beberapa cerita legendaris. ada terbang dan memutar pedang yang tidak pernah berhenti. yang melindungi pagoda dari penyusup; beberapa mengatakan ada bahkan terowongan bawah tanah yang mengarah ke Bagan dan Thailand.

10 Bagian dari Pagoda Shwedagon :
- The Diamond Bud (Sein-phoo)
- The Vane
- The Crown (Htee)
- The Plantain Bud-Shaped Bulbous Spire (Hnet-pyaw-phu)
- The Ornamental Lotus Flower (Kyar-lan)
- The Embossed Bands (Bang-yit)
- The Inverted Bowl (Thabeik)
- The Bell (Khaung-laung-pon)
- The 3 Terraces (Pichayas)
- The Base



Pagoda Uppasanti, Nay Pyi Taw, Myanmar

No comments:

Post a Comment