Thursday, September 25, 2014

Tempat Wisata Menarik Dikunjungi Selama Oktober

Tempat Wisata Menarik Dikunjungi Selama Oktober (I)

Tempat wisata menarik dikunjungi selama Oktober (Foto: Balilive) OKTOBER adalah salah satu bulan terfavorit bagi para wisatawan. Bulan di mana peralihan musim terjadi dan menjadi saat yang untuk mencoba suasana baru.

Tempat-tempat di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk membantu Anda menentukan destinasi liburan menyenangkan pada Oktober, dilansir Lonely Planet, Minggu (21/9/2014).

Bali, Indonesia
Beberapa orang berpendapat tidak ada waktu yang buruk untuk mengunjungi pulau tropis, Bali. Meskipun Oktober disebut sebagai awal musim hujan, hujan belum banyak turun, harga kamar lebih murah dan tidak ramai wisatawan, sehingga Anda dapat menikmati suhu yang nyaman.

Peselancar masih bisa menemukan ombak besar. Anda juga bisa turut memeringati peringatan tahunan peristiwa bom Bali, 12 Oktober 2002 dan 1 Oktober 2005 yang telah ditetapkan sebagai waktu peringatan peristiwa duka tersebut.

Ubud Writers & Readers Festival, salah satu acara sastra bergengsi di dunia juga akan diadakan, yaitu pada 1-5 Oktober. Acara yang diciptakan untuk menyatukan komunitas dan meningkatkan perekonomian Bali, tahun ini akan mengundang lebih dari 150 penulis dari lebih dari 25 negara.

Kemudian, Kuta Karnival yang akan diadakan pada 7-12 Oktober bertepatan dengan Bali Food Festival. Balinale atau Bali International Film Festival akan menyusul pada 12-18 Oktober.

South Luangwa National Park, Zambia
Akhir musim kemarau di Zambia adalah waktu yang tepat untuk bersafari. Taman Nasional Luangwa Selatan adalah salah satu taman satwa liar yang dikemas secara Afrika. Sumber air minum yang hanya berada di Sungai Luangwa, memaksa sejumlah besar hewan untuk berkumpul di sekitarnya.

Pemandu legendaris Norman Carr, yang merintis perjalanan Safari di sana pada 1950, juga membuat Luangwa Selatan dikenal. Suhu di siang hari ketika berada di puncak mencapai satu atau dua derajat di atas 30 derajat Celsius. Walau demikian, suhu di malam hari menyenangkan.

Virginia, USA
Pada Oktober, hutan-hutan di Amerika akan penuh dengan nuansa merah dan kuning. Ya, di Virginia Anda dapat mengalami kemegahan musim gugur pada salah satu perjalanan paling spektakuler di jalan Skyline Drive sepanjang 105 mil yang sejalur dengan Blue Ridge Mountains.

Lama rute perjalanan hanya membutuhkan waktu beberapa jam. Namun, Anda sebaiknya tidak melewatkan kesempatan untuk mendaki Appalachian Trail atau melihat rusa Whitetail dan kalkun liar selama perjalanan.

Virginia juga menjadi jantung wilayah musik bluegrass dan country. Di tempat kelahiran Country Music Museum yang baru dibuka di Bristol, Anda dapat mengunjungi tempat di mana orang-orang seperti keluarga Presiden Amerika ke-39, Jimmy Carter dan penyanyi country Jimmie Rodgers pertama merekam musik zaman lawas mereka.

Pemberhentian selanjutnya adalah bar musik Floyd dan Galax untuk bersantai dengan penduduk setempat dan mendengar suara ingar-bingar permainan biola dan banjo.

Istanbul, Turki
Musim panas yang sibuk di kota ini akan mulai mereda pada Oktober. Anda masih harus berbagi tempat untuk melihat pemandangan top seperti Istana Topkapi dan Aya Sofya dengan wisatawan lain. Namun, biasanya berwisata pada bulan ini antrean akan lebih pendek dan akomodasi lebih murah.

Kunjungi juga Beyoglu, sebuah kota yang berada di bagian Eropa Turki. Kota ini adalah pusat makanan, minuman, dan hiburan. Jika ingin melihat-lihat, rute dari Taksim Meydani (Taksim Sq) sampai Istiklal Caddesi adalah daerah populer bagi anak muda Istanbul.

Beyoglu juga merupakan rumah bagi beberapa ruang seni kota, termasuk di wilayah Istanbul modern, SALT Beyoglu, dan SALT Galata, yang dapat dikunjungi untuk melihat pemandangan fantastis dari atap restorannya.

Tempat Wisata Menarik Dikunjungi Selama Oktober (II-Habis)

Bagan, Myanmar
Musim hujan di Myanmar (Burma) biasanya membuat orang lebih menyingkir ke pantai. Namun selama Oktober menjadi salah satu kesempatan terbaik Anda berada di Bagan. Pada bulan ini dinilai sempurna untuk menjelajahi 3.000 monumen candi dan kuil Budha yang tersebar di seluruh dataran Bagan.

Berkeliling di sekitar tembok Kota Bagan Kuno dari abad kesembilan, kemudian bersepeda di sekitar monumen yang dibangun sekitar abad ke-11 sampai ke-13 Masehi. Jangan lewatkan mengunjungi Ananda Pahto dan puncak stupa setinggi 51 m yang berkilauan. Untuk pengalaman yang tak terlupakan, Anda dapat mencoba naik balon udara saat matahari terbit.

Republik Malta 
Pulau yang berada di daerah Mediterania ini bersuhu rata-rata 24 derajat Celsius pada Oktober. Jumlah wisatawan mulai berkurang dan harga akomodasi sudah mulai turun. Cuaca ringan sangat ideal untuk berjalan-jalan puncak tebing atau mendaki di bebatuan di bawah tebing Dingli.

Pantai di sana masih hangat dan pulau ini memiliki pantai terbaik untuk berenang, termasuk landai Mellieha Bay dan teluk Ghajn Tuffieha. Dua tempat menyelam, Blue Lagoon dengan teluk berpasir putih yang indah dan Blue Hole cerobong asap batu kapur dramatis.

Jika Anda senang pada sesuatu yang berbau budaya, pada Oktober diadakan banyak festival. Ibu Kota Malta, Valletta hidup sampai tengah malam dengan pertunjukkan musik dan seni di Notte Bianca dan Vittoriosa.

Busan, Korea Selatan
Oktober ini bisa dibilang bulan terbaik untuk mengunjungi kota terbesar kedua di Korea Selatan, Busan. Puncak dari kalender bulanan di sana adalah Festival Kembang Api Busan yang menampilkan konser K-pop (pop Korea) dan kembang api dari jembatan Gwangan.

Juga pada Oktober ini, Busan menjadi tuan rumah festival film internasional tahunan yang dihadiri bintang-bintang film Korea dan sutradara film yang diadakan di Pantai Haeundae. Anda juga dapat mengunjungi Jagalchi Festival, yaitu festival seafood terbesar di negara itu.

Busan Biennale, festival seni terbesar juga berjalan sepanjang Oktober. Sementara di sana, Anda dapat melakukan perjalanan sehari ke Candi Beomeosa yang terletak di perbukitan di barat laut Busan dan akan tampak spektakuler di tengah warna musim gugur.

Colonia, Uruguay
Colonia del Sacramento, Uruguay, ditempati oleh Portugis pada akhir 1600-an. Colonia adalah kota tertua di negara itu, kehidupan di sana bergerak lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara tetangganya, seperti Montevideo dan Buenos Aires (yang hanya berjarak 45 menit dengan kapal feri).

Untuk satu pekan setiap Oktober, Uruguay merayakan peringatan warisan budaya mereka, Dias del Patrimonio. Anda akan diberi tiket masuk gratis ke gereja-gereja, museum, rumah-rumah bersejarah, dan situs lainnya di seluruh negeri.

Di Colonia, Anda dapat menuruni jalan batu sempit di Barrio Historico, sebuah situs Warisan Dunia Unesco, dan mengagumi arsitektur abad ke-18. Kunjungan berbayar ke Porton de Campo, gerbang kota dan jembatan kayu, serta gereja tertua Uruguay, Basilika del Santisimo Sacramento juga menyenangkan.
(tty)

No comments:

Post a Comment