Sunday, September 28, 2014

10 Universitas Terbaik Di Indonesia Berdasarkan World Rank (WR)

10. UNIVERSITAS GUNADARMA (UG) – (WR 1302)

Salah satu universitas terbaik Indonesia di tahun 2014 adalah universitas Gunadarma
Gundar, UG atau Universitas Gunadarmana yang kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat ini merupakan perguruan tinggi swasta Indonesia yang mempelopori peguruan tinggi lainya dengan membuka program Doktor Ilmu Ekonomi pada tahun 2011.
Universitas Gunadarma menjadi universitas yang mengalami penurunan yang sangat jauh dibandingkan tahun sebelumnya. Walau pada tahun 2013 mendapatkan posisi ke-5 universitas terbaik di indonesia dengan peringkat dunia 1165, namun tahun 2014 ini menjadi Universitas dengan peringkat nomor 10 di Indonesia dengan peringkat dunia 1302.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: gunadarma.ac.id

9. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOVEMBER (ITS) – (WR 1228)

Logo ITS yakni institut Teknologi Sepuluh yang masuk sebagai salah satu universitas terbiaik Indonesia di tahun 2014
ITS merupakan salah satu institut yang menjadi pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia, dengan keunggulan pada bidang teknologi perkapalan dan robotika. Sejak ITS melakukan proses untuk mendapatkan International recognition yang di mulai pada tahun 2005/2006, ITS semakin di kenal di dunia.
Dimana Pada tahun 2014 ini , ITS mengalahkan pesaing-pesaingnya dan menjadi universitas dengan peringkat nomor 9 di Indonesia dengan peringkat dunia 1228, bahkan mengalahkan Universitas Gunadarma yang pada tahun 2013 lalu berada di posisi ke-5, ITS yang sebelumnya pada tahun 2013 pun bahkan tidak termasuk dalam 10 Universitas terbaik di Indonesia.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: its.ac.id

8. INSTITUT PERTANIAN BOGOR (IPB) – (WR 1156)

logo institut pertanian bogor sebagai salah satu universitas terbaik indonesia
Sesuai namanya, perguruan tinggi ini merupakan perguruan tinggi pertanian negeri yang terletak di Bogor. Pada awalnya merupakan bagian dari Universitas Indonesia (UI) dan akhirnya melepaskan diri pada tahun 1963. Pada Februari 2013 ini, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memutuskan bahwa PIB mendapatkan status akreditasi peringkat A dengan nilai 375.
Walaupun IPB mengalami penurunan peringkat menjadi nomor 8 dalam daftar 10 Universitas terbaik di Indonesia, namun peringkat dunia IPB mengalami peningkatan yang cukup baik dimana pada tahun 2013 yaitu 1290.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ipb.ac.id

7. UNIVERSITAS DIPONEGORO (UNDIP) – (WR 1088)

logo universitas diponegoro sebagai salah satu universitas terbaik indonesia
Universitas yang lebih dikenal dengan singkatan UNDIP ini merupakan Perguruan Tinggi yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia, dan didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta hingga pada tahun 1961 mendapatkan status sebagai Perguruan Tinggi Negeri. Memiliki berbagai fakultas seperti Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Teknik, Ilmu Budaya, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Matematika, Ilmu Sosial dan Politik, Peternakan dan Pertanian, Perikanan dan Kelautan, dan Psikologi.
Tahun 2014 ini mungkin merupakan tahun yang sangat baik bagi UNDIP, di karenakan peningkatan peringkat dunia yang sangat tinggi di bandingkan pada tahun 2013 yaitu 1455. UNDIP meraih posisi ke-7 mengalahkan Universitas Kristen Petra, Universitas Airlangga, dan IPB dalam hal universitas terbaik di Indonesia melalui peringkat dunia.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: undip.ac.id

6. UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UB) – (WR 1052)

Logo universitas brawijaya sebagai salah satu universitas terbaik indonesia
UB, UNBRA, UNIBRAW atau Universitas Brawijaya merupakan universitas negeri yang didirikan pada tahun 1963 dengan berbagai program pendidikan seperti Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Kampus UB berada di Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.
Pada tahun 2014 Universitas Brawijaya berada tetap di posisi ke-6 universitas terbaik di indonesia, walau posisi yang tidak berubah namun Universitas Brawijaya memiliki kenaikan peringkat dunia yang signifikan yaitu dari 1254 (pada tahun 2013) menjadi 1052 pada tahun 2014 ini.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ub.ac.id

5. UNIVERSITAS PADJAJARAN (UNPAD) – (WR 1036)


Logo salah satu universitas terbaik di Indonesia, yaitu universitas Padjajaran
UNPAD atau lengkapnya Universitas Padjadjaran merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat, Indonesia, yang memiliki dua kampus utama di Dipati Ukur dan Sumedang. Tapi selain dua kampus utama ini, UNPAD sendiri memiliki kampus-kampus lain yang tersebar di Kota Bandung bertotalkan lebih dari 12 unit. Didirikan pada tahun 1957 oleh Presiden RI Soekarno.
UNPAD juga menjadi salah satu universitas di tahun 2014 ini yang mengalami peningkatan di bandingkan tahun 2013 (peringkat 1084), walaupun sekarang menduduki posisi nomor 5, namun UNPAD telah membuktikan kemajuan prestasi yang baik di bandingkan universitas lain di indonesia.

4. UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) – (WR 1013)

Logo dari UNAIR yakni universitas airlangga sebagai salah satu universitas terbaik Indonesia
Universitas Airlangga, dikenal juga sebagai UA atau UNAIR, merupakan perguruan tinggi negeri yang berletakkan di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Berdiri pada tanggal 10 November 1954, bertepatan dengan Hari Pahlawan. Universitas ini memiliki tujuan untuk menjadi universitas mandiri, inovatif dan terkemuka dalam berbagai bidang pengetahuan, teknologi, kemanusiaan dan seni sesuai dengan moral agama.
Pada tahun 2014 ini Universitas Airlangga dapat berbangga hati di karenakan peningkatan peringkat yang sangat tinggi di bandingkan tahun 2013 (peringkat 1404), Universitas Airlanggapun menjadi universitas terbaik Indonesia dalam deretan ke-4.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: unair.ac.id

3. UNIVERSITAS INDONESIA (UI) – (WR 696)

Logo dari Universitas Indonesia (UI) sebagai salah satu universitas terbaik dunia
Universitas yang kampus-kampusnya terletak di Utara Depok, Jawa Barat dan Jakarta Pusat ini adalah salah satu lembaga pendidikan terdepan dan bergengsi di Indonesia. Hal itu sudah diketahui secara umum dimana ia bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan tiga (3) perguruan tinggi papan atas di Indonesia.
Universitas Indonesia semakin mengalami penurunan pada tahun 2014 ini, dimana pada tahun sebelumnya berada pada peringkat 653, namun sekarang menjadi peringkat 696 di Dunia, di kalahkan oleh ITB, kemudian UGM yang telah masuk ke dalam peringkat 500 besar Universitas terbaik di Dunia.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: ui.ac.id

2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG (ITB) – (WR 636)

Logo salah satu universitas terbaik dunia yaitu logo ITB institus teknologi bandung
Institut Teknologi Bandung atau singkatnya lebih kita kenal dengan nama ITB merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Kota Bandung. Resmi berdiri pada tahun 1959. ITB adalah perguruan tinggi negeri di Indonesia yang memiliki akreditasi ABET dari Amerika Serikat. Dengan fasilitas-fasilitas seperti perumahan dosen, laboratorium, bengkel, studio, galeri dan fasilitas olah raga, maka tidaklah mengherankan jika ITB masuk sebagai salah satu Universitas terbaik Indonesia tahun 2014.
Pada daftar sebelumnya mengenai “10 Universitas Terbaik Indonesia Tahun 2013,” ITB mengalami penurunan dari Universitas terbaik Indonesia ke-1 dengan World Rank 600 menjadi universitas terbaik nomor dua dengan World Rank 636.

Penjelasan lebih lanjut: Wikipedia
Situs Web: itb.ac.id

1. UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM) – (WR 598)

logo salah satu universitas terbaik di dunia yaitu logo UGM (universitas gajah mada)
Merupakan Universitas negeri tertua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1949. Terletak di Yogyakarta dan sama halnya sebagai universitas negeri tertua, Universitas ini juga merupakan Universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah RI (Republik Indonesia) setelah Indonesia Merdeka.
Pada tahun 2014, Universitas Gajah Mada mengalahkan ITB (Institut Teknologi bandung) sebagai universitas terbaik nomor 1 di Indonesia, dimana pada tahun sebelumnya ITB telah menjadi Universitas nomor 1 di indonesia.


















































No comments:

Post a Comment