Wednesday, October 8, 2014

Cara Mengatasi Rasa Bersalah Dan Khawatir

 
Sebagai manusia memiliki perasaan khawatir dan merasa bersalah adalah hal yang wajar. Ada banyak hal yang membuat rasa bersalah itu muncul dan pada akhirnya bercampur dengan perasaan khawatir. Tapi tahukah Anda? merasa bersalah dan cemas yang berlebihan dapat mengganggu ketenangan hidup Anda. Dan sudah seharusnya Anda berhenti.

Seperti yang dilansir oleh ehow.com inilah beberapa cara mengatasi rasa bersalah dalam diri Anda

Gunakan Untuk memperbaiki Hidup
Rasa bersalah terkadang adalah hal yang baik untuk hidup Anda. Anda akan lebih sadar dan introspeksi diri dalam kehidupan. Tapi jangan jadikan rasa bersalah ini untuk selalu menyalahkan diri Anda sendiri. Ambil sisi positif dan ubahlah hidup Anda jadi lebih baik dari sebelumnya.

Memaafkan Diri sendiri
Kekhawatiran dan rasa bersalah terkadang akan menjadi pemicu untuk selalu menyalahkan diri sendiri. Anda harus tahu, setiap orang punya salah dan itu pasti karena tidak ada orang yang sempurna. Seberat apapun kesalahan Anda, cobalah untuk menerima diri dan memaafkan segala kesalahan Anda.Hal ini akan membuat Anda lebih tenang dan bahagia.

Anda Harus Dapat Mengontrol Perasaan Anda
Perasaan apapun dalam diri Anda, Andalah yang mempunyai peran penting untuk mengendalikan. Bahagia ataupun sedih adalah pilihan dan Andalah yang menentukan. Cobalah untuk rileks sejenak dan melakukan hal yang menyenangkan bisa dapat menjadi obat untuk beberapa masalah emosional.

Hadapi Segala Hal
Apapun yang sudah Anda lakukan entah itu baik atau buruk akan memberikan efek pada diri Anda sendiri. Hidup ini ada risiko jadi setiap tindakan pasti selalu ada konsekuensi. Berusahalah untuk menghadapi segala hal. Berat ataupun mudah Anda harus menghadapinya. Hal ini akan membuat rasa bersalah dan kekhawatiran Anda akan menghilang dengan sendirinya.

No comments:

Post a Comment