Thursday, October 23, 2014

Museum Jawa Tengah yang Luar Biasa



Siapa yang tak kenal museum? Semua orang pasti tahu apa itu museum. Tapi yang jadi masalahnya sekarang adalah tidak banyak orang yang suka menghabiskan waktunya di museum. Kalau saja tidak ada perintah atau tugas khusus dari sekolah, anak-anak masa sekarang mungkin tidak akan pernah datang ke museum. Bagiku, museum adalah salah satu tempat wisata edukasi yang paling aku sukai sejak kecil.

Beberapa waktu lalu aku mengajak beberapa temanku untuk berwisata. Sekali-kali perlulah kita berwisata sejenak supaya tidak penat karena terlalu sering bekerja. Tempat yang jadi tujuan kali ini adalah Kota Semarang. Tentunya adalah Museum Jawa Tengah Ronggowarsito.

Museum ini berada di dekat bundaran Kalibanteng. Satu wilayah dengan pintu masuk menuju bandara Ahmad Yani. Waktu kami dating ke museum, kebetulan sedang dalam masa renovasi. Jadi ada beberapa wilayah museum yang masih tertutup. Untuk bisa masuk ke dalam museum setiap pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 4000,-. Cukup murah bukan. Daripada harus jalan-jalan ke mall yang nantinya akan habis uang banyak dan tidak mendapatkan ilmu apapun.



Ketika kita masuk ke dalam museum kita akan disambut sebuah Kayon raksasa. Di ruangan pertama tersebut juga dijelaskan tentang sejarah museum Ronggowarsito tersebut. Selain itu juga tertera foto-foto dan denah-denah dari museum yang sedang kita kunjungi ini.

Di ruangan selanjutnya kita akan masuk ke wahana geografi. Di ruangan ini kita bisa belajar tentang lapisan tanah dan juga macam-macam jenis bebatuan yang ada di Indonesia, terutama Jawa Tengah. Selain itu kita juga bisa mengetahui bagaimana proses terjadinya gempa dan gunung meletus.



Bagian selanjutnya adalah ruangan prasejarah. Ketika kita masuk ruangan ini kita akan disambut dengan sebuah patung gajah purba berukuran besar. Kemudian kita juga bisa melihat fosil gading dari gajah-gajah purba yang pernah ditemukan di Jawa Tengah. Selain itu pula kita juga akan ditunjukkan dengan tulang-tulang yang diduag milik para manusia purba yang pernah hidup di Jawa Tengah.

Setelah itu kita akan ditunjukkan budaya yang berkembang di seluruh Jawa Tengah. Mulai dari bermacam-macam bangunan juga kehidupan masyarakat asli jawa pada umumnya. Tidak hanya bangunan saja namun juga hasil kreasi budaya masyarakat Jawa pada umumnya.



Semakin masuk ke dalam kita ditunjukkan perkembangan masyarakat yang hidup di Jawa Tengah pada era modern. Ada contoh bermacam-macam uang yang pernah beredar di Indonesia pada jamn dulu hingga sekarang.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita pelajari dari museum ini. Juga ruangan-ruangan yang pada saat kami kunjungi tertutup karena sedang direnovasi. Karena terlalubanyaknya, saya tidak bisa menceritakan satu persatu apa yang ada di dalam museum Ronggowarsito. Alangkah baiknya teman-teman datang sendiri ke sana dan menikmati luar biasanya museum ini.

Selamat jalan-jalan dan belajar di Museum Ronggowarsito bersama teman atau keluarga.

Kayon: Gunungan sebagai penanda babak baru pembuka lakon dalam cerita pewayangan.

No comments:

Post a Comment