Tuesday, October 7, 2014

Destinasi Indonesia yang Diakui Dunia

Destinasi Indonesia yang Diakui Dunia (Foto:bukuresensi)

Destinasi Indonesia yang Diakui Dunia (Foto:bukuresensi)KEINDAHAN Indonesia bukan terletak pada pemandangan alam maupun keeksotisan lautnya. Namun, keberagaman budaya serta adat istiadat.

Seperti yang dilansir dari Touropia, berikut 10 tempat wisata populer yang ada di Indonesia:

Tana Toraja
Tana Toraja (Tana Toraja) merupakan wilayah dataran tinggi Sulawesi Selatan, rumah dari orang Toraja. Toraja terkenal rumah tradisional mereka bernama tongkonan atau rumah adat yang biasa digunakan menyimpan mayat saat upacara pemakaman berlangsung. Pesonanya terkuak ketika tengkorak manusia menunjukan kemisteriusannya puluhan kerbau hingga ratusan babi menjadi korban upacara pemakaman disana.

Di sinilah dapat melihat situs makam pahat di Lemo, makam goa purba di Londa, menhir di Rante Karassik, dan perkampungan Kete Kesu yang unik. Semuanya terpeliharanya dalam bingkai adat budaya karena masyarakatnya sangat menghormati leluhur dengan tetap menjaga eksistensi pekuburannya.

Gili
Lombok saat ini menjadi tujuan wisata populer. Termasuk didalamnya Kepulauan Gili, terdiri dari tiga pulau kecil: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Kepulauan ini santai dan damai, karena tidak ada satu kendaraan pun melintas di kawasan ini. Meski demikian, kehidupan malam di kepulauan ini terkenal mendunia.

Pulau Gili di barat laut Lombok merupakan tujuan wisata yang ideal bagi Anda yang ingin beristirahat dari kejemuan rutinitas ibukota. Tak hanya itu, Pulau Gili menawarkan karang yang spektakuler dan tempat menyelam yang menegangkan seperti karang hiu. Pulau Gili merupakan tempat pelarian yang sempurna bagi siapapun menginginkan tempat yang indah, alami, dan menenangkan.

Taman Nasional Komodo
Taman Nasional Komodo adalah taman nasional yang mencakup tiga pulau besar yakni Komodo, Padar dan Rincah. Taman ini dinamai Komodo, karena di dalamnya hidup kawanan komodo mencapai tiga meter dengan berat lebih dari 70 kg. Meski demikian, serangan terhadap manusia jarang dilakukan oleh hewan ini, sehingga aman dikunjungi.

Taman ini menyimpan biota bawah laut menakjubkan. Bahkan banyak penyelam dunia mengatakan perairan komodo merupakan salah satu terbaik di dunia. Memiliki pemandangan bawah laut memukau, di kawasan ini ditemukan 385 spesies karang yang indah, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari.

Borobudur
Terletak 40 km atau sekitar 25 mil di sebelah barat laut dari Yogyakarta, Borobudur adalah salah satu candi Budha paling terkenal di dunia. Borobudur dibangun sekitar abad ke-8 dan ke-9 oleh kerajaan Sailendra. Candi ini dibuat dari tumpukan bebatuan sebanyak dua juta blok batu. Namun, abad ke-14 bangunan ini sempat menjadi misteri karena tersembunyi dibalik hutan dan lapisan abu vulkanik. Saat ini, Candi Borobudur menjadi salah satu wisata populer di Indonesia.

Ada yang mengatakan bahwa candi ini dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja, atau bahkan 400 tahun sebelum katedral agung di Eropa. Pada tahun 1970-an pemerintah Indonesia dan UNESCO menetapkan sebagai situs warisan dunia dan merupakan tujuh keajaiban dunia milik Indonesia yang berharga.

Bali
Bali adalah salah satu tujuan populer di dunia dan salah satu pulau yang konsisten memenangkan penghargaan perjalanan. Pulau ini memiliki beragam pemandangan bervariasi, garis pantai berbatu, pantai tropis, sawah subur dan lereng bukit vulkanik. Semua panorama ini memberikan latar belakang indah dengan budaya Hindu berwarna-warni. Meski sangat kental akan spiritualnya, Bali tetap diidolakan karena keunikannya tersebut.

Bali akrab dikenal dengan sebutan pulau dewata, pulau seribu pura atau surganya Indonesia. Memiliki keindahan alam luar biasa, gunung berapi, serta butiran pasir serta keindahan lautnya membuat wisatawan asing memilih Bali untuk perjalanan mereka. Kombinasi penduduknya ramah, budaya visual yang megah dan diresapi dengan spiritualitas serta keindahan pantai spektakuler, menjadikan Bali sebagai lokasi berselancar dan menyelam yang tak tertandingi.
(jjs)

No comments:

Post a Comment