Tuesday, October 7, 2014

Lima Wilayah Indonesia Bikin Kagum Wisatawan Dunia

Lima Wilayah Indonesia Bikin Kagum Wisatawan Dunia

Lima Wilayah Indonesia Bikin Kagum Wisatawan Dunia (Foto:Touropia)INDONESIA negara yang dikelilingi pulau maupun daratan. Bicara pariwisata, cukup banyak. Bukan hanya familiar seperti Bali, tapi banyak destinasi indah.

Seperti dilansir Touropia, berikut 10 tempat wisata populer yang ada di Indonesia:

Danau Toba

Danau Toba terletak di Sumatera Utara merupakan danau vulkanik yang besar. Dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, danau ini dibentuk akibat letusan gunung berapi raksasa sekitar 70 ribu tahun lalu. Danau ini berada di atas ketinggian 900 meter dari di atas permukaan laut. Letusan ini mengakibatkan kematian masal dan kepunahan beberapa spesies makhluk hidup. Sehingga letusan Gunung Toba ini menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan masuknya zaman es mempengaruhi peradaban dunia.

Di tengah danau berkawah terletak pulau dengan luas hampir sama dengan Singapura, Pulau Samosir. Pulau ini menjadi pulau terbesar yang berada di atas danau. Mengingat luasnya besar, Danau Toba dianggap sebagai lautan ketimbang danau. Oleh karenanya, danau ini dinobatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Bukan hanya itu, danau sedalam 450 meter ini membuat Danau Toba menjadi danau terdalam di dunia.

Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di Kalimantan Tengah. Taman ini merupakan tujuan ekowisata terpopuler dimana banyak perusahaan perjalanan lokal menawarkan wisata perahu untuk melihat satwa liar dan mengunjungi pusat penelitian. Taman ini populer berkat spesies Orang Utan.

Taman nasional ini memiliki luas seukuran Bali. Di dalam taman ini banyak bekantan dan monyet ekor panjang, burung, serta hewan liar lainnya. Taman nasional ini dikenal sebagai harta karun dunia menarik perhatian wisatawan di berbagai belahan dunia. Taman nasional ini awalnya merupakan cagar alam di tahun 1935, dan baru saja beubah statusnya di taman nasional tahun 1982.

Lembah Baliem

Lembah Baliem berada di di dataran tinggi Irian Barat. Lembah ini menawarkan pengalaman hidup di zaman batu yang dilakukan suku yang ada di kawasan tersebut. Lembah ini terisolasi dari dunia luar hingga tahun 1938 ketika saat itu pilot menemukan kawasan ini memiliki lahan pertanian yang cukup besar.

Lembah pegunungan ini berada di atas ketinggian 1600 meter dari permukaan laut. Lembah ini dikelilingi pegunungan indah nan alami. Pada waktu malam hari, suhu di kawasan ini bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius. Lembah ini dikenal sebagai grand baliem valley dimana tempat tinggal suku Dani.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang berada di Jawa Timur. Pada ketinggian 2329 meter dari permukaan laut, gunung ini terkenal hingga mancanegara. Gunung Bromo berasal dari kata Brahma yang merupakan Dewa beragama Hindu. Gunung ini tidak sebesar gunung api lainnya di Indonesia tetapi memiliki pemandangannya yang spektakuler dan dramatis. Keindahannya luar biasa membuat wisatawan yang mengunjunginya akan berdecak kagum.

Untuk melihat sunrise dari Gunung Bromo, dianjurkan wisatawan berada di puncak Gunung Pananjakan. Pasalnya pemandangan di sini sungguh menakjubkan dan selalu menjadi incaran forografer. Saat sunrise ini pula, biasanya latar depan Gunung Semeru yang mengeluarkan asap dari kejauhan dan hangatnya sinar matahari terlihat sangat indah.

Bunaken

Terletak di utara pulau Sulawesi, Bunaken merupakan spot menyelam dan snorkeling yang terkenal di Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari Taman Laut Bunaken di mana dapat melihat lebih dari 70% spesies ikan yang hidup di laut Pasifik Barat. Waktu terbaik menyelam di Bunaken adalah bulan April dan November.

Menyelam merupakan cara terbaik bila ingin secara utuh dan jelas menikmati keindahan panorama bawah laut Bunaken. Tersedia 23 tempat snorkeling atau penyelaman. Tak usah repot bawa alat menyelam karena di sana disewakan alat berkisar Rp100 ribu per hari. Tidak hanya melihat barisan ikan bermacam rupa berseliweran dan padang rumput laut, Anda bisa melihat kurang lebih 390 spesies terumbu karang memancarkan pesona menakjubkan. (jjs)

No comments:

Post a Comment