Tuesday, October 7, 2014

Ini Tips Bagi Backpacker Pemula

Ada tiga hal yang harus diperhatikan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sulit untuk melakukan backpacking.[Foto Ilustrasi] (iStock)


Indonesia merupakan salah satu negara yang sulit untuk melakukan backpacking.[Foto Ilustrasi] (iStock)

VIVAlife - Traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain itu juga bisa menyegarkan pikiran yang sudah penat oleh aktivitas sehari-hari yang padat. Pilihannya ada dua cara, backpacker atau tidak.

Cara backpacker cocok bagi Anda yang ingin menjelajahi tempat wisata dengan meminimalisir pengeluaran.

Trinity, traveler yang terkenal dengan bukunya The Naked Traveler menyarankan agar mulai jelajahi Indonesia. Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang sulit untuk melakukan backpacking.

"Karena infrastrukturnya buruk, transportasi nggak jelas, tiap daerah harganya nggak sama. Jadi challenge-nya banyak. Kalau sudah hatam sama Indonesia, mau jalan-jalan keliling dunia bakal gampang," katanya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Bagi Anda yang ingin mencoba backpacker, berikut tips dari Trinity untuk para pemula:
Jangan khawatir

Banyak kekhawatiran yang dirasakan saat akan backpacker, mulai dari harga tiket, penginapan dan sebagainya. Menurut Trinity, Anda harus hindari ini, karena kalau merasa khawatir terus menerus bisa-bisa perjalanan Anda tidak akan terwujud.

Ubah pola pikir
Di Indonesia, satu-satunya kepastian adalah ketidakpastian. "Misalnya mau ke Yogya dari Kampung Rambutan, bisnya yang mana ya jadwal yang mana, masih belum jelas," katanya.

Be flexible
Seringkali orang terlalu banyak rencana dan berakhir dengan tidak jadi berangkat. Buatlah sesederhana mungkin dan sesuaikan diri. Setelah berencana, segera putuskan lalu berangkat. (ms)

No comments:

Post a Comment