Tuesday, August 13, 2013

Air Terjun di Sumatera Utara Yang Banyak Dikunjungi

Artikel berikut tentang Air Terjun di Sumatera Utara yang banyak dikunjungi para wisawatan. Mengulas tempat wisata di Sumatera Utara memang tidak bisa lepas dari Danau Toba dan Pulau Samosir. Padahal masih banyak keindahan tempat wisata di Sumut yang bisa dijadikan tempat wisata ketika liburan ke Sumatera Utara.

Salah satunya adanya 7 air terjun yang wajib dikunjungi di Sumatera Utara. Keindahan alam wisata sumut ditambah dengan keindahan pegunungan dan perbukitan dapat menambah eksotisnya objek wisata air terjun di sumatera utara.

Air terjun di Sumut yang mengalir dari ketinggian tebing-tebing batu menjadi pemandangan indah. Di bawahnya, orang berkerumun dan siap bermain pancuran alami atau berenang di kolam yang sejuk. Di berbagai tempat di Indonesia, air terjun selalu menjadi objek wisata alam yang menarik di Sumatera Utara.

Air Terjun di Sumatera Utara 636x476 Air Terjun di Sumatera Utara Yang Banyak Dikunjungi

Tempat wisata Air terjun sendiri adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Pada umumnya air terjun ini terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong membentuk loncatan air sesuai prinsip aliran air mengalir dari ketinggian ke tempat yang lebih rendah.

Berikut ini 5 air terjun yang wajib dikunjungi selama liburan di Sumatera Utara versi blog tips wisata hemat/murah tipsjalan.com

1. Air Terjun Mbilulu
Air terjun di Sumatera Utara yang layak dikunjungi pertama adalah air terjun Mbilulu. Air terjun ini terletak di desa Prongil Julu, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Barat, memiliki keindahan alam yang masih asri. Air terjun kembar Mbilulu memiliki ketinggian sekitar 12 m yang dapat menambah salah satu keindahan air terjun di Sumut ini. Meskipun masih minim fasilitas, air terjun Mbilulu sudah ramai dikunjungi wisatawan dari masyarakat sekitar maupun dari daerah lain.

2. Air Terjun Murshala
Objek wisata Air Terjun Murshala menjadi air terjun yang ramai dikunjungi di Sumatera Utara selanjutnya. Murshala merupakan salah satu pulau di Kabupaten Tapanuli Utara, dengan ibukota Sibolga. Air Terjun Murshala di Sumut ini memiliki keunikan yag terletak pada air terjun Mushala yang jatuhnya langsung ke laut. Selain pulau Marshun yang memang sangat indah, tempat wisata pulau Murshala ini pun cocok untuk wisata bahari snorkeling dan diving.

3. Air Terjun Dwi Warna
Air Terjun Dwi Warna bagi sebagian wisawatan sudah tidak asing lagi. Salah satu air terjun di Sumatera Utara ini  memiliki air yang berwarna biru dan putih. Menurut informasi terjadinya dua warna di Air Terjun Dwi Warna karena disebabkan oleh larutan fosfor belerang dari tebing bebatuan. Perpaduan warna pada Air Terjun Dwi Warna ini berhasil menyuguhkan keunikan dan eksotisme yang sangat indah. Selain itu, air terjun disini terdapat dua buah dan saling berdekatan. Uniknya, keduanya memiliki temperatur yang berbeda, ada yang airnya sangat dingin dan ada pula yang hangat.

4. Air Terjun Sigura-Gura
Air Terjun Sigura-Gura salah satu air terjun di Sumatera Utara yang tidak kalah indahnya. Terletak sekitar 250 km dari Medan, Air Terjun Sigura-Gura dihasilkan oleh Sungai Asahan yang berasal dari Danau Toba. Tinggi Air Terjun Sigura-Gura ini menurut data pariwisata sumut sekitar 250 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia. Air Sungai Asahan pun kerap dijadikan obyek wisata arung jeram sepanjang 22 km. Selain itu, Air Terjun Sigura gura pun menjadi salah satu tonggak kehidupan masyarakat karena aliran airnya digunakan sebagai penggerak utama generator untuk pembangkit listrik.

5. Air Terjun Sipiso-Piso
Air Terjun Sipiso-Piso saat ini menjadi salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sumatera Utara. Dan Air Terjun Sipiso-Piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Lokasi Air Terjun Sipiso-Piso terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo, lokasi air terjun ini tidak jauh dari Danau Toba. Berada di ketinggian 800 meter dapl, air terjun ini mengalir melalui sebuah gua disisi kawaeh Danau Toba. Air terjun yang keluar dari gua ini mirip piso yang berarti pisau, karena itu dinamakan Air Terjun Sipiso-Piso.

Bagi Anda yang hobi jalan-jalan dan menyukai wisata alam seperti air terjun, tidak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke 5 air terjun yang banyak dikunjungi di Sumatera Utara di atas. Agar perjalanan Anda nyaman, simak juga tips wisata murah ke Sumatera Utara yang sudah kami bahas sebelumnya.

No comments:

Post a Comment