Tuesday, August 20, 2013

Pesona Tempat Wisata di Banten Yang Banyak Dikunjungi

Pesona tempat wisata di Provinsi Banten memang selalu menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Provinsi yang sebelumnya menjadi bagian dari Jawa Barat ini terbentuk sejak tahun 2000. Memiliki beragam objek wisata yang banyak dikunjungi wisawatan.

Pronvinsi Banten sangat mudah dijangkau dari Jakarta. Beragam tempat wisata di Banten pun membuat wisawatan lokal ataupuan mancanegara tergoda untuk mengunjunginya. Banyaknya objek wisata di Provinsi Banten meyakinkan kita akan kayanya pesona wisata di Indonesia.

Gugusan pulau dan taman Nasional yang ada di Banten semakin membuat ragam destinasi wisata alam di Banten. Taman Nasional Ujung Kulon misalnya. Tempat ini, memberikan kesempatan pengunjung untuk melihat langsung badak bercula di habitatnya langsung dan beragam hewan yang dilindungi lainnya.

Potensi tempat wisata budaya dan sejarah di Provinsi Banten juga menambah ragam wisata di Banten. Suku Baduy misalnya, suku tradisional yang hingga saat ini berkomitmen dengan tradisinya menolak modernisasi. Tiga desa suku Baduy Cibeo, Cikertawarna, dan Cikeusik melarang penggunaan alat transportasi modern dan cara berpakaian serta gaya hidupnya.

Objek Wisata Banten 636x329 Pesona Tempat Wisata di Banten Yang Banyak Dikunjungi
Provinsi Banten yang berada di wilayah ujung barat Pulau Jawa memiliki posisi yang sangat strategis dan memiliki potensi ekonomi dan wisata. Berikut ini beberapa daftar tempat wisata di provinsi Banten yang banyak dan wajib dikunjungi wisatawan yang sedang berkunjung ke Banten.

1. Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon menjadi salah objek wisata terkenal di Banten. Tempat ini merupakan taman nasional dan konservasi alam di Indonesia serta dunia. Pengunjung bisa menikmati hutan tropis dan badak bercula satu salah satu hewan langka yang dilindungi oleh negara.

Tempat wisata Taman Nasional Ujung Kulon terdiri dari bebarapa pulau kecil yang menjadi habitat para satwa yang dilindungi. Berdekatan dengan pulau peucang, pulau handeuleum, dan dan pulau panaitan.
Saat ini, untuk mencari penginapan di Taman Nasional Ujung Kulon juga sudah tersedia beberapa penginapan. Juga sudah ada sarana komunikasi dan berbagai macam fasilitas yang memang disediakan untuk para wisatawan yang mengunjungi pulau Taman Nasional Ujung Kulon.

2. Gunung Krakatau
Jika belum puas menyusuri keindahan Taman Nasional Ujung Kulon, masih ada daya tarik tempat wisata Gunung Krakatau dengan pulau-pulau disekitarnya, yang menjanjikan pemandangan dramatis ke arah selat Sunda. Yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata gunung Bromo dan juga Pesona Wisata Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo.

Objek wisata gunung krakatau menjadi salah satu tempat wisata populer di Banten untuk para pecinta petualang baik wisatawan lokal maupun luar. Ledakan dahsyat dari Gunung Krakatau membentuk anak gunung yang sekarang dikenal dengan nama Anak Krakatau yang muncul ke permukaan pada tahun 1928.
Meskipun berada di Selat Sunda serta wilayah Lampung, kawasan lokasi wisata alam di Banten ini lebih mudah dicapai dari Pantai Anyer-Carita dan izin mendarat di Pulau Gunung Api Anak Krakatau juga bisa diperoleh di kawasan ini, dibutuhkan waktu sekitar satu jam menggunakan perahu motor cepat untuk mencapainya. Lokasi wisata ini menawarkan wisata alam seperti misalnya berkemah, berjalan kaki, memancing, dan pemandangan alam laut yang indah.

3. Perkampungan Suku Baduy
Tempat wisata di Banten selanjutnya adalah Perkampungan Suku Baduy. Merupakan perkampungan suku asli yang sudah bertahun â€" tahun tinggal di Banten. Suku Baduy masih sangat menjaga adat istiadat dan kebudayaannya. Kemurnian budaya dan adat istiadat ini menjadi sesuatu yang unik.
Kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Pandeglang Banten ini juga merupakan tempat wisata sejarah di Banten yang cocok untuk para pelajar. Karena kita bisa berlibur sambil mempelajari adat istiadat Suku Baduy.

4. Masjid Agung Banten
Masjid Agung Banten menjadi salah satu tempat wisata religi di Banten lama. Konon, Masjid Agung banten menjadi salah satu saksi sejarang perjuangan di provinsi Banten. Pengunjung Masjid Agung dapat melihat sisa-sisa kerajaan Islam.

Selain itu, di sekitar Masjid Agung Banten pengunjung juga bisa melihat makam-makam pejuang dan tokoh agam yang sering dijadikan tempat ziarah pengunjung. Selain bisa menikmati tempat wisata religius di Banten, pengunjung juga dapat mempelajari sejarah Islam di Banten.

5. Pulau Umang
Tempat wisata Pulau Umang Banten dengan luas sekitar 5 Hektar ini terletak di kawasan tempat wisata pantai Pandeglang dekat dengan objek wisata Tanjung Lesung. Di Pulau Umang terdapat fasilitas olahraga dan rekreasi yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Selain itu, di Pulau Umang juga terdapat resor dengan sentuhan artistik alami yang sudah dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dari kafe, pusat bisnis hinggar klub pantai. Cara menuju Pulau Umang juga gampang, karena pengelola sudah menyiapkan mobil dari Jakarta. Dan wisatawan juga dapat menuju Pulau Umang dari kawasan Ujung Kulon.

Selain wisata budaya dan wisata alam, Banten juga banyak memiliki tempat wisata pantai yang tak kalah eksotisnya. Provinsi Banten memiliki tempat wisata pantai yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan di Banten. Pada artikel tips wisata murah berikutnya, akan kami bahas tentang daftar tempat wisata pantai di Banten yang menarik untuk di kunjungi sebagai lanjutnya info tempat wisata di Banten ini.

No comments:

Post a Comment