Friday, August 29, 2014

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami Dan Efektif

Tips mengatasi sariawan| Sariawan adalah salah satu gangguan kesehatan yang mana menyerang bagian mulut, seseorang yang mengalami sariawan ini biasanya akan merasakan perih dan sakit ketika makan. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya akan tetapi apabila tidak segera di atasi maka bisa membuatnya semakin parah dengan rasa sakit yang teramat parah. Jika kita tinjau dari sisi kedokteran, penyakit ini terjadi akibat adanya radang di rongga mulut akibat dari adanya luka  pada dinding-dinding mulut, kurangnya asupan vitamin, stres ataupun ketika sedang menstruasi (bagi wanita).

cara mengatasi sariawan

Tips Ampuh Untuk Mengobati Sakit Sariawan Alami


Munculnya sakit sariawan ini memang tidak perlu dikhawatirkan karena pada umumnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun apabila anda ingin mengobatinya supaya cepat sembuh maka anda bisa mencoba cara berikut ini yang beberapa di antaranya dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal alami :
  • Hindari konsumsi makanan yang memiliki rasa asam maupun pedas berlebih, kedua rasa tersebut dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada jaringan mulut. Jadi kuncinya hindari terjadinya gangguan pada jaringan mulut atau lebih tepatnya di bagian yang terasa sakit, dengan begitu sariawan bisa cepat sembuh.
  • Berkumur-kumurlah menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam secara rutin 3 kali sehari. Adapun larutan garam bisa berkhasiat untuk menarik cairan pada luka sehingga bisa membantu proses penyembuhan.
  • Perbanyak konsumsi vitamin C, zat besi dan asam folat. Karena pada umumnya sariawan itu akan menyerang seseorang yang kekurangan zat tersebut.
  • Usahakan untuk mengonsumsi yoghurt karena yoghurt bisa mengimbangkan jumlah bakteri dalam mulut sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan yang tengah di derita. Namun pastikan juga bahwa yoghurt yang anda konsumsi mengandung bakteri acidophilus.
  • Jika anda memiliki teh hitam, maka itu juga bisa anda gunakan untuk membantu menyembuhkan sariawan. Bagaimana caranya? jadi hanya dengan meletakkan kantong teh basah di bagian yang sakit, demikian itu bisa membantu meredakan sakit yang di rasakan.
  • Bila sakit sariawan tak kunjung sembuh, cara selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan baking soda. Jadi caranya cukup dengan melarutkan baking soda dengan air lalu di oles-oleskan di bagian yang luka.

Beberapa cara di atas bisa anda lakukan dan terbukti efektif untuk mengatasi dan mengurangi sakit akibat sariawan yang di derita. Namun jika penyakit tidak kunjung sembuh dan justru semkain buruk, maka segera periksakan ke dokter guna menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan. Jadi selalu upayakan untuk menjaga kesehatan dengan mencukupi asupan vitamin dan nutrisi dalam tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit.

No comments:

Post a Comment