Tuesday, August 19, 2014

Cara meredakan sakit tenggorokan yang menyiksa

Tips meredakan sakit tenggorokan | Rasa sakit tenggorokan yang sangat menyiksa memang terkadang bisa datang kapan saja, demikian ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya bisa karena alergi, bakteri, virus, batuk terus menerus maupun akibat dari kebiasaan buruk seperti merokok. Adapun apabila sakit tenggorokan tersebut sudah teramat parah, biasanya seseorang akan pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan obat yang tepat.

cara mengobati sakit tenggorokan


Beberapa cara untuk mengobati sakit tenggorokan


Akan tetapi seperti yang kita tahu, apabila kita sudah merasa sakit pada tenggorokan maka kita sebaiknya segera melakukan tindakan supaya sakit tersebut tidak semakin parah. Nah, bagi anda yang tengah merasakan hal yang sama maka lakukan tindakan untuk mengobati sakit tenggorokan dengan cara seperti berikut ini :

  • Berkumur-kumur dengan air hangat

Cara sederhana dan mudah untuk dilakukan yakni berkumur-kumur menggunakan air hangat secara berkali-kali. Jadi ini bisa meredakan serta mengurangi pembengkakan pada tenggorokan. Selain itu dengan air hangat maka lendir pada tenggorokan bisa terbantu untuk keluar sekaligus untuk mengurangi iritasi.

  • Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Ada beberapa pilihan permen pelega tenggorokan yang bisa kita konsumsi, selain dapat merangsang produksi air liur biasanya permen tersebut juga bisa menjaga kelembaban tenggorokan. Sebab permen ini berbeda dengan permen biasa dan memiliki khasiat khusus untuk meredakan sakit tenggorokan.

  • Minum sirup obat batuk

Meskipun obat ini sering dikonsumsi untuk mengobati batuk, namun ini juga bisa mengurangi iritasi pada sakit tenggorokan. Jadi bila kita minum sirup obat batuk, maka untuk beberapa waktu bisa membantu menyembuhkan sakit tenggorokan.

  • Banyak minum air putih

Selain biar tidak dehidrasi, air juga bisa membantu untuk membasahi tenggorokan agar tidak kering dan terus terasa sakit ketika digunakan untuk menelan ludah.

  • Mengonsumsi teh

Jika anda bosan mengonsumsi air putih, maka air teh bisa menjadi pilihan. Mengapa? sebab air teh bersifat antioksidan serta dapat menangkal infeksi dan juga memperkuat sistem imun.

  • Mengonsumsi sup ayam

Selain bisa menyembuhkan flu, sup juga dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh kandungan natrium di dalamnya bersifat anti-inflamasi.


Nah, jika sakit yang anda rasa tidak kunjung sembuh maka segera periksakan ke dokter. Sebab bisa saja itu dipengaruhi oleh faktor lain dan bisa memicu penyakit yang lebih serius apabila lambat di tangani.

No comments:

Post a Comment