Thursday, August 7, 2014

Jembatan Barito Kalimantan Selatan yang Megah

Jembatan Barito Kalimantan Selatan merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 24 April 1997, jembatan yang memiliki panjang kurang lebih 1 km dan lebar kurang lebih 10 m ini sempat tercatat di dalam rekor muri. Bagi warga Kalimantan khususya Kalimantan Selatan pasti sudah mengenal banyak tentang sejarah maupun apa yang sering terjadi di jembatan yang terkenal itu yang mana jembatan yang paling terkenal di wilayah tersebut pernah menjadi obyek wisata utama yang mampu menarik perhatian bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Jembatan Barito Kalimantan Selatan yang Megah
Jembatan Barito Kalimantan Selatan

Jembatan Barito menjadi akses yang menghubungkan antara Banjarmasin dan Palangkaraya, sebelum adanya jembatan ini dulunya masyarakat masih mengandalkan dengan menggunakan alat transportasi sungai untuk bisa mencapai tujuan dalam penyeberangan. Disana kita bisa menyaksikan pemandangan sungai disertai kegiatan masyarakat setempat dan megahnya jembatan yang membelah sungai Barito, selain itu bagi yang gemar memancing tentu banyak ikan yang bisa kita pancing di sungai yang dilintasi jembatan tersebut. Jika ingin berkunjung ke jembatan Barito lebih baik pada pagi hari atau sebelum malam menjemput, karena di jembatan tersebut jika malam tiba kegiatan di jembatan Barito mulai berkurang dan tampak sepi, ya mungkin belum adanya perhatian khusus supaya jembatan yang menjadi salah satu ikon pariwisata di Kalimantan Selatan ini tetap bagus dan nyaman dikunjungi setiap saat, dan semoga di kemudian hari jembatan Barito ini tetap menjadi obyek wisata primadona di Kalimantan Selatan. Akan tetapi meskipun begitu, jembatan yang menjadi salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi ini masih menjadi tujuan favorit bagi wisatawan untuk melakukan kegiatan wisata misalnya berjalan-jalan, menikmati kuliner, atau berfoto mengabadikan moment ketika berada di Kalimantan Selatan.

Demikian sedikit ulasan mengenai Jembatan Barito Kalimantan Selatan yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini setidaknya menjadi informasi yang sedikit berguna bagi pengunjung, apabila ada kesalahan dalam penyampain atau informasi yang kurang akurat mohon dimaklumi.

No comments:

Post a Comment