Friday, August 8, 2014

Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda Kalimantan Timur

Kebun Raya Unmul Samarinda adalah obyek wisata terkenal di wilayah Samarinda Kalimantan Timur, pariwisata yang sudah dikenal banyak wisatawan ini memiliki daya tarik untuk memikat pengunjung yang datang. Dulunya kebun raya unmul ini adalah area milik sebuah perusahaan dan kemudian diserahkan kepada Universitas Mulawarman (unmul). Sejak dikelola oleh unmul, kawasan tersebut menjadi kawasan riset dan tidak sedikit masyarakat dari dalam maupun luar negri melakukan aktifitas riset di wilayah tersebut hingga sekarang juga menjadi kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Banyak kegiatan di obyek wisata Kebun Raya Unmul Samarinda yang bisa dilakukan pengunjung dan tempatnya sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Kebun Raya Unmul Samarinda memiliki beberapa kawasan untuk bisa dinikmati para pengunjung diantaranya yaitu kebun binatang mini, dikatakan mini karena kebun binatang yang ada disana memang tidak sebesar kebun binatang yang sering kita dengar yang memiliki banyak spesies hewan, kebun binatang yang ada di Kebun Raya Unmul ini memiliki koleksi hewan yang bisa dibilang masih dalam jumlah yang terbatas namun terdapat peliharaan hewan yang menarik terutama binatang khas Pulau Kalimantan. Disana juga terdapat sebuah danau yang tidak jauh dari kebun binatang mini, di danau tersebut tersedia penyewaan sepeda air dan pengunjung bisa menyewa sepeda air untuk bisa mengitari danau sambil menikmati pemandangan sekitar. Selain kedua kawasan tersebut tentu ada spot wisata lainnya yang tak kalah menariknya.

Wisata Kebun Raya Unmul Samarinda Kalimantan Timur
Kebun Raya Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda memiliki luas sekitar 62 hektar merupakan area yang cukup luas untuk rekreasi, banyak kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk bersenang-senang selain kedua kawasan yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah melihat jenis hewan di kebun binatang mini dan bermain sepeda air di danau, pengunjung bisa juga mengunjungi All Terrain Vehicle yang menyediakan beberapa kendaraan yang bisa disewa untuk digunakan memutari lintasan yang sudah disediakan. Ada juga museum kayu, bagi pengunjung yang ingin mengenal tentang berbagai jenis kayu yang terdapat di Kalimantan Timur bisa mengunjungi spot wisata tersebut untuk sekedar menambah wawasan serta ilmu tentang perkayuan. Tidak jauh dari museum kayu juga terdapat area camping ground, bagi yang suka camping bisa menuju ke Praja Muda Karana yang menjadi gerbang untuk menuju ke area camping tersebut. Setelah mengunjungi beberapa lokasi yang sudah disebutkan, pengunjung bisa juga berkeliling dengan menyewa delman serta mencari tempat untuk menikmati kuliner jajanan di warung-warung sekitar lokasi sambil beristirahat.

Nah, itulah sebagian sisi menariknya ketika mengunjungi obyek wisata Kebun Raya Unmul Samarinda Kalimantan Timur, dan saya rasa obyek wisata seperti itu sangat cocok untuk rekreasi bersama anak-anak. Demikian yang bisa disampaikan, semoga dapat memberi informasi yang cukup bagi pengunjung setia Spot Wisata yang ingin mengunjungi obyek wisata di Kota Samarinda.

No comments:

Post a Comment