Tuesday, August 12, 2014

Menghindari Perut Kembung Setelah Sarapan, Ini Dia Tipsnya !

Tips menghindari perut kembung | Perut kembung memang bisa menyerang kita kapan saja, terutama ketika kita sarapan di pagi hari. Demikian ini tentu bisa membuat kita menjadi enggan atau malas untuk sarapan pagi. Padahal kita tahu bahwa sarapan itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menambah energi untuk menunjang aktivitas sepanjang hari. Sebenarnya perut kembung yang terjadi setelah sarapan itu disebabkan oleh faktor pola makan yang kurang baik, biasanya kita selalu memilih-milih makanan dan juga kurang di imbangi dengan olahraga. Di sisi lain perut kembung pun juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu yang mengganggu fungsi lambung kita.

menghindari perut kembung setelah sarapan

Cara menghindari perut kembung setelah sarapan :


Oleh sebab itu, bagi anda yang kerap merasakan perut kembung selepas sarapan pagi maka cobalah untuk melakukan upaya seperti berikut ini.

  • Perbanyak konsumsi serat

Mengutamakan konsumsi serat dalam sehari-hari tentu bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Dengan demikian apabila kita kurang serat, maka itu bisa mengakibatkan datangnya penyakit serius seperti halnya serangan jantung ataupun kanker.

  • Mengunyah makanan sampai lembut

Terbiasa makan dengan terburu-buru membuat makanan yang kita konsumsi belum terkunyah secara lembut. Jadi kunyahlah makanan sampai lembut supaya proses pencernaan bisa berjalan lancar. Di samping itu proses mengunyah makanan sampai lembut juga bisa menjadi pertanda untuk sistem pencernaan kita supaya lebih siap dalam menerima makanan. Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari perut kembung.

  • Hindari stress

Kondisi stres memang identik dengan menurunnya kesehatan seseorang, salah satunya yaitu bisa berdampak terhadap proses pencernaan. Selain itu stres bisa menurunkan aliran darah ke perut, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan dan membuat enzime pencernaan. Adapun akibatnya bisa sembelit, membuat dada terasa nyeri dan sebah.

  • Hindari minum obat maag secara berlebih

Jadi memang benar jika obat maag bisa membantu mengatasi permasalahan asam lambug yang naik ataupun dada nyeri. Namun, apabila kita mengonsumsi obat maag secara rutin dan berlebihan itu justru bisa mengubah komposisi bakteri dalam lambung menjadi tidak seimbang dan akibatnya perut kita sering merasakan kembung.

  • Rajin berolahraga

Olahraga memang syarat utama jika kita ingin hidup sehat, selain itu dengan kita rajin berolahraga maka kita juga bisa terbebas dari permasalahan kesehatan yang salah satunya adalah masalah perut kembung.


Pada dasarnya penyakit yang sering kita alami itu bermula dari kebiasaan kita yang salah, termasuk kebiasaan mengunyah makanan tidak halus, terlalu banyak mengonsumsi obat maag hingga jarang mengonsumsi makanan yang kaya akan serat sehingga membuat kita sering merasakan perut kembung. Oleh karena itu mulai sekarang ubahlah kebiasaan buruk anda untuk mencegah berbagai permasalahan kesehatan yang tidak diinginkan.

No comments:

Post a Comment