Friday, August 8, 2014

Wisata Religi Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda atau yang disingkat MICS menjadi salah satu obyek wisata religi yang berada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1, Kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid yang dimulai pembangunannya pada tanggal 05 Juli 2011 ini menjadi bukti bahwa di Indonesia terdapat masjid terbesar dan termegah kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta yang mana dalam pembangunannya menelan biaya hingga milyaran rupiah untuk mendirikannya dengan dana dari APBD Pemprov Kalimantan Timur, setelah penantian lama dalam pembangunan masjid tersebut sampai kurang lebih tujuh tahun akhirnya sukses diresmikan pada tanggal 16 Juni 2008. Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Kota Samarinda ini memiliki arsitektur bangunan yang sangat menarik sehingga membuat kagum dan terpesona bagi sebagian wisatawan yang sedang berkunjung.

Wisata Religi Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda memiliki bangunan dengan tujuh buah menara seperti yang tampak pada gambar yang mana salah satu menara tersebut yaitu menara utama memiliki tinggi hingga 99 meter dan terdiri dari 15 lantai. Masjid Islamic Center Samarinda berdiri pada area seluas sekitar kurang lebih delapan hektar dan luas bangunan utama masjid sekitar 43.500 meter persegi sehingga mampu menampung hingga 10.000 jamaah sekaligus. Adapun fasilitas yang disediakan di masjid tersebut diantaranya sarana ibadah, tempat wudhu, lahan parkir, taman, perpustakaan, ruang belajar, tempat penitipan sepatu sandal, gudang, sound system dan multimedia, kamar mandi dan wc, kantor sekretariat, toko, dan aula serba guna. Bagi yang berkunjung berwisata di kota Samarinda dan suka dengan spot wisata yang mengandung unsur religius bisa dicoba berkunjung ke Masjid Islamic Center Samarinda, selain bisa melihat kemegahannya dan memanfaatkan fasilitas yang ada juga bisa merasakan beribadah di tempat yang sangat besar dan indah.

Untuk kegiatan yang sering dilakukan di Masjid Islamic Center Samarinda kurang lebihnya seperti menyelenggarakan Dakwah atau Tabliq Akbar, menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi yaitu koperasi masjid, menyelenggarakan kegiatan pengajian rutin, menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), pemberdayaan zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf.
Nah, bagi anda yang suka dengan kegiatan-kegiatan seperti itu tidak ada salahnya mencoba mengikuti kegiatan tersebut, dan ketika berkunjung kesana jangan lupa untuk beribadah ketika waktunya tiba. Sekian dari saya sedikit uraian tentang Wisata Religi Masjid Islamic Center Samarinda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment