Wednesday, February 25, 2015

Berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan untuk mengenal Sejarahnya

Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November - Jalan-jalan ke suatu tempat yang menjadi tujuan wisata memang sangat menyenangkan, salah satunya yaitu berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Monumen Tugu Pahlawan ini merupakan Spot Wisata yang mengandung sejarah kepahlawanan Indonesia yang mana tugu tersebut dibangun untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 yang pernah terjadi di Surabaya. Monumen yang berdiri di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan ini memiliki bentuk lingga dengan ketinggian sekitar kurang lebih 41 meter dan terdapat motif di tubuh monumen tersebut dengan lengkungan-lengkungan sebanyak 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas, bentuk dari bangunan monumen tersebut tentu mangandung arti yaitu tanggal 10 bulan 11 tahun 1945 yang mana tanggal bulan dan tahun tersebut adalah moment paling mendebarkan dikala itu dan menjadi tanggal bersejarah untuk penduduk Surabaya bahkan seluruh rakyat Indonesia.

Ketika berada di Monumen Tugu Pahlawan, pengunjung bukan hanya bisa menyaksikan keberadaan tugu megah yang berdiri di atas tanah seluas 1,3 hektar tersebut, namun di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan juga terdapat sebuah museum yang juga bisa dinikmati oleh pengunjung, museum tersebut juga dibangun untuk mengenang sejarah dan jasa-jasa para pahlawan. Museum Tugu Pahlawan dan Sepuluh November yang diresmikan pada tahun 2000 ini didirikan sebagai kebanggaan arek-arek Suroboyo atas kemenangan dalam pertempuran yang terjadi di tanggal 10 November 1945. Dengan berkunjung ke museum tersebut pengunjung akan mengenal lebih banyak tentang sejarah yang telah diciptakannya. Obyek wisata seperti ini tentu sangat cocok untuk tujuan wisata edukatif dan sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Surabaya.

Simak juga: Eloknya Pantai Ria Kenjeran di Surabaya

Monumen & Museum Tugu Pahlawan di Surabaya
Monumen dan Museum Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November guna mengenang para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara dari serangan musuh. Di pinggir taman tugu juga terdapat patung yang merupakan salah satu tokoh yang ikut berjuang berperang membela negara dari tangan sekutu, patung tersebut yaitu Bung Tomo yang mana di saat itu Sang tokoh tersebut memiliki sosok yang sangat berpengaruh besar dalam menggerakkan semangat perlawanan masyarakat Surabaya. Sedangkan di sebelah barat Tugu Pahlawan, pengunjung juga akan menemui batu prasasti yang bertuliskan "Padamu Generasi".

Nah, mungkin sebagian dari anda ingin tahu lebih banyak lagi apa saja yang bisa dilakukan ketika berada disana, daripada penasaran mending datang langsung saja kesana dan anda pasti akan tahu lebih banyak lagi tentang apa yang bisa dilakukan ketika berada di Monumen dan Museum Tugu Pahlawan, dan yang terpenting anda akan mendapatkan pelajaran berharga tentang sejarah yang dimilikinya.

No comments:

Post a Comment