Wednesday, February 18, 2015

PESONA PANTAI PANGANDARAN


obyek wisata pantai jawa baratWisata Pantai Pangandaran merupakan obyek wisata pantai Jawa Barat yang memiliki panorama pantai yang sangat indah di Provinsi Jawa Barat. Berada di desa Pananjung, kecamatan Pangandaran ini hanya berjarak sekitar 393 km dari kota Jakarta. Wisata Pangandaran sudah sangat terkenal dan termasuk menjadi wisata pantai yang menyenangkan untuk disinggahi ketika liburan tiba.
Pantai Pangandaran menjadi pilihan utama wisatawan dari kota Jakarta yang ingin menghabiskan waktu seharian ataupun sekedar menunggu matahari tenggelam sangat menakjubkan dari pantai Pangandaran. Selain itu di daerah wisata Pantai Pangandaran wisatawan dapat berkunjung ke cagar alam pangandaran, yang merupakan sebuah hutan yang menyimpang sejuta pesona. Cagar alam ini memiliki luas sekitar 1000 hektar dan menampilkan berbagai koleksi flora dan fauna yang cukup langka seperti banteng, rusa, dan beberapa jenis kera, terdapat juga bunga raflesia padma dilokasi cagar alam pangandaran.
Di area wisata Pangandaran, anda juga bisa berjalan-jalan ke goa-goa alam dan juga goa buatan yang terdapat di area ini. Terdapat beberapa goa, yaitu Goa Parat, Goa Panggung, Goa Lanang, Goa Sumur Modal dan juga Goa Jepang. Dari goa-goa ini anda dapat melihat keindahan di dalam goa yang masih sangat alami dan mengabadikannya ke dalam sebuah foto. Karena di dalam goa, anda dapat melihat stalaknit-stalaknit alam yang memiliki bentuk yang aneh dan menarik.
Selain itu terdapat juga sumber mata air Rengganis, pantai pasir putih yang sangat indah dan juga taman laut yang menakjubkan. Anda juga dapat melihat sebuah batu yang menyerupai paha ayam, lalu terdapat batu kelamin yang konon dikatakan bahwa batu tersebut dapat memberikan jodoh bagi siapa saja yang menyentuh batu tersebut, lalu terdapat juga karang yang dapat mengeluarkan bunyi ketika dipukul-pukul.
Menyusuri goa di pantai pangandaran memang sangat memberikan pengalaman yang seru, pasalnya banyak keunikan yang disajikan oleh alam, termasuk batu kristal yang memancarkan kelap-kelip, dan berbagai batu lainnya yang menyerupai berbagai hewan.
green canyon pangandaran
Foto: deixi.com
Selain Pantai Pangandaran, masih dalam satu kawasan wisatawan dapat berkunjung ke tempat wisata Green Canyon yang juga tidak kalah terkenal yang ada di Pangandaran. Green Canyon di sini bukanlah Green Canyon Amerika, namun Green Canyon Pangandaran yang awalnya disebut dengan Cukang Taneuh merupakan jembatan tanah yang hanya memiliki lebar 3 meter terbuat dari tanah berada di atas tebing kembar di tepi sungai. Keajaiban tebing-tebing indah ini ditemukan oleh turis asal Prancis yang akhirnya menamai tebing yang berlumut hijau ini dengan Green Canyon.
Untuk menyusuri sungai dan menikmati keindahan Green Canyon, anda dapat menggunakan ketinting. Ketinting merupakan perahu yang akan membawa wisatawan menyusuri Green Canyon di atas sungai hijau. Saat menyusuri sungai, anda dapat melihat keindahan pepohonan di tepi sungai dan ketika mencapai satu lokasi yang indah, perahu akan berhenti tepat di bawah area tebing tinggi yang berdiri di setiap sisi sungai dengan hiasan stalaktit serta stalagmit, air yang jernih membuat anda terasa seperti ada di Taman Eden. Air mengalir turun dari sisi-sisi tebing yang menciptakan suara gemuruh air terjun yang membuat kunjungan wisata ini menjadi sulit untuk dilupakan.
Terlebih di daerah wisata Pangandaran ini sangat bersih dan juga tertata alami oleh alam, tidak ada sampah berserakan atau sampah rokok yang tertinggal sehingga kealamian wisata pantai Pangandaran ini masih sangat terjaga, tak heran jika Green Canyon menjadi pilihan wisatawan dari berbagai kota bahkan negara.

No comments:

Post a Comment