Saturday, February 21, 2015

Gigi Lebih Sehat dengan 4 Makanan Ini



Selain mengkonsumsi makanan yang kaya magnesium, kebiasaan membersihkan gigi setelah makan jadi kunci menjaga gigi tetap sehat

Liputan6.com, New York- Menggosok gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi menggunakan benang untuk membersihkan gigi dari sisa makanan dan bakteri. Namun tak hanya dengan cara tersebut untuk membuat gigi sehat dan kuat, makanan tertentu bisa membantu juga.
Salah satu dokter anak dari University of Illinois, Christine D. Wu pun setuju bahwa makanan tepat berikut bantu menjaga kesehatan gigi seperti dilansir Live Science, Senin (16/2/2015).

1. Teh
Teh hitam dan hijau mengandung polifenol yang berfugnsi memperlambat pertumbuhan bakteri di mulut. Berkumur dengan teh hitam selama satu menit sebanyak 10 kali sehari cenderung memiliki plak pada gigi lebih sedikit dibandingkan yang hanya berkumur dengan air seperti hasil penelitian University of Illinois di Chicago.

2. Susu
Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American Dental Association menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi susu dapat menurunkan level asam di mulut. "Susu menetralisir asam yang dihasilkan bakteri penyebab plak. Namun susu manis akan berdampak buruk bagi gigi," terang Wu.

3. Kismis
Kismis mengandung fitokimia yang dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

4. Buah dan sayur
Untuk mengonsumsi buah dan sayur perlu dikunyah. “Hal ini dapat ‘mengganggu’ plak dan berfungsi layaknya pembersih gigi dan mulut,” terang Wu.

5. Ikan dan Telur
Kedua makanan ini mengandung fosfor yang tinggi, penting untuk menjaga lapisan pelindung gigi (email) tetap sehat dan kuat seperti diungapkan oleh American Dental Association.

No comments:

Post a Comment