Tuesday, December 9, 2014

Manfaat Daun dan Sirih Merah Untuk Kesehatan

Berikut akan dibahas mengenai manfaat sirih merah yang baik untuk kesehatan. Sirih merah adalah tanaman yang sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia sebagai tanaman berkhasiat. Tanaman ini dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit, terlebih lagi untuk daunnya.
Pada zaman dulu, daun sirih banyak dimanfaatkan untuk menyehatkan gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunyahnya setiap hari dicampur dengan beberapa buah gambir, kapur dan juga pinang. Tetapi saat ini cara tersebut sudah tidak banyak lagi dilakukan, ini karena perubahan zaman dan juga telah ditemukan beberapa bahaya dari cara tersebut.

Manfaat Daun Sirih Merah

Manfaat daun sirih merah memang sudah tidak perlu diragukan lagi, bahkan sejak dahulu daun sirih merah memang sudah banyak digunakan untuk obat herbal. Tetapi saat ini beberapa penelitian menemukan beberapa pendapat, dimana daun sirih merah memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.
manfaat-daun-sirih-merah-untuk-kesehatan
Daun sirih merah dipercaya dapat mengatasi keputihan, mengobati ambeien, pembersih mulut dan juga sebagai anti mikroba. Manfaat sirih merah ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah pedesaan. Sirih merah banyak ditanam di pekarangan rumah, cara merawatnya juga cukup mudah.
Berikut adalah manfaat sirih merah yang banyak dilakukan oleh beberapa orang. Sirih merah dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan daun sirih merah yang sudah dicuci bersih dan kemudian diperas airnya, beri sedikit madu dan tempelkan pada luka tersebut.

Manfaat Sirih Merah Untuk Kesehatan

Daun sirih merah juga banyak digunakan untuk menghentikan mimisan, cukup dengan menggulungnya den kemudian digunakan untuk menyumbat hidung. Selain itu, daun sirih merah juga bermanfaat untuk mengobati maag, mengobati gatal-gatal, mengatasi mata merah, mencegah gusi berdarah, mencegah sariawan, mengurangi bau mulut, dan mengurangi bau badan.
Manfaat sirih merah untuk kesehatan juga dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan juga penyakit diabetes. Caranya cukup mudah, ambil beberapa helai daun sirih merah kemudian cuci sampai bersih.
Kemudian iris daun sirih tersebut kecil-kecil dan rebus dengan menggunakan air bersih. Rebus sampai tersisa setengah dari air sebelumnya, minum rebusan air tersebut saat hangat dua kali sehari. Sekian informasi mengenai manfaat sirih merah, semoga bermanfaat.(sumber:sehatcenter.com)

No comments:

Post a Comment