Saturday, December 6, 2014

Objek Wisata di Kabupaten Solok Sumatera Barat

Kabupaten Solok memiliki obyek wisata yang siap dikenal di dunia Internasional. Selain Danau Singkarak, terdapat Danau Kembar, Danau Talang, Bukit Cambai, Kebun Teh, dan Masjid Tuo Kayu Jao yang indah.

Berada di lokasi yang strategis yaitu sekitar 1 jam dari Kota Padang dan 3,5 jam dari Bukittinggi, Solok adalah salah satu destinasi yang wajib Anda singgahi jika berkunjung ke Sumatera Barat. Selain Danau Singkarak yang popularitasnya mendunia lewat ajang balap sepeda Tour De Singkarak, lengkapi catatan perjalanan Anda dengan mengunjungi objek di bawah ini:

Kabupaten Solok dikenal sebagai kabupaten dengan danau terbanyak di Sumatera Barat. Kabupaten ini mempunyai Danau singkarak disebelah timur serta danau talang dan danau kembar (Danau diatas dan Danau dibawah disebelah Barat). Adapun objek yang dapat dikunjungi adalah sebagai berikut :
1. Danau SingkarakDanau Singkarak merupakan danau terbesar di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Biasanya ramai didatangi pengunjung sebelum Ramadhan tiba sebagai media kegiatan 'balimau' yang dipercaya dapat membersihkan dosa sebelum ramadhan tiba.

Danau Singkarak

2. Danau Talang
Danau Talang

Danau Talang terletak di kaki Gunung Talang, tepatnya di Kampung Batu Dalam. Suasana sekitarnya masih sunyi dan alami. Daya pikat Danau Talang tak kalah dari danau lain di Sumatera Barat.

Jika hendak berjalan kaki dari Simpang Tanjung Nan IV, berjalanlah ke arah kompleks Kantor Kecamatan dan Polsek Danau Kembar. Kemudian susuri jalan berbatu.

Medan yang ditempuh berupa kawasan ladang hingga jalan setapak bersemak-belukar diselingi beberapa perkampungan. Tak tanggung-tanggung, jarak tempuhnya mencapai 3 kilometer. Jika ingin berkendara, Anda dapat belok kiri dari Panorama ke arah Jorong Air Tawar-Bukik Sileh dengan kondisi jalan yang sebagian telah beraspal.
Kabupaten Solok adalah salah satu daerah yang memiliki banyak destinasi menarik di Sumatera Barat. Beberapa yang wajib Anda kunjungi akhir pekan ini adalah Danau Singkarak, Danau Talang, Bukit Cambai, dan Masjid Tuo Kayu Jao yang indah.


3. Danau Kembar
Danau Kembar adalah nama yang diberikan untuk Danau Di Ateh dan Danau Di Bawah. Lokasi keduanya yang berdekatan dan memiliki kondisi alam yang mirip, membuat dua danau tersebut disebut Danau Kembar.

Objek wisata ini berada di Kecamatan Danau Kembar, 60 kilometer dari Kota Padang ke arah Arosuka, Ibukota Kabupaten Solok. Dari pertigaan Lubuk Selasih, ambil jalan menanjak untuk menuju Danau Kembar atau Alahan Panjang.

Di persimpangan Simpang Tanjung Nan IV, belok kanan jika Anda ingin menuju Dermaga di tepi Danau Atas. Namun jika ingin menuju Panorama bisa belok kiri.

Di Dermaga, terdapat speedboat yang disewakan untuk pengunjung mengitari danau. Sementara di Panorama, Anda dapat melihat Danau Atas dan Danau Bawah serta Gunung Talang dan Gunung Kerinci.

Jika hendak menuju tepi Danau Bawah, berjalanlah ke arah Pasar Simpang dan lewati jalan menuju Jorong Kapalo Danau Di Bawah. Danau Bawah yang lebih kecil ini belum dikelola sehingga masih asri dengan suasana pedesaan khas Ranah Minang. Siapkan pakaian hangat karena Anda akan disambut dengan suhu dingin khas pegunungan.

4. Air Terjun dan Kebun Teh
Jalan yang berkelok-kelok dari Lubuk Selasih menuju Danau Kembar tidak akan membosankan karena Anda akan disuguhi pemandangan yang indah selama perjalanan. Setidaknya terdapat tiga air terjun di pinggir jalan raya yang dapat traveler nikmati.

Hamparan kebun teh juga menjadi daya tarik tersendiri. Berhentilah sejenak untuk mengabadikan dan berfoto-ria. Jangan lupa untuk mencicipi lontong sayur dan lontong pical di warung kopi yang berjejer sepanjang kebun teh. Anda juga dapat menikmati kegagahan Gunung Talang, gunung berapi aktif setinggi 2.597 mdpl dari sini.

5. Masjid Tuo Kayu Jao
Masjid asri yang terletak di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, 1 kilometer dari tepi jalan raya ke arah Danau Kembar ini adalah obyek wisata religi. Masjid bercorak Minangkabau ini merupakan cagar budaya yang telah berdiri sejak awal abad ke-16. Masjid Tuo Kayu Jao juga jadi saksi perkembangan ajaran Islam di Sumatera Barat.

Menurut cerita masyarakat, semula Masjid Tuo Kayu Jao hendak dibangun di atas bukit. Namun kayu-kayu yang telah dipersiapkan sebagai bahan bangunan terbawa banjir bandang dan terkumpul di suatu tempat. Akhirnya diputuskan bahwa tempat terkumpulnya kayu tersebut sebagai lokasi masjid sebagaimana dapat kita lihat saat ini. Masjid Tuo Kayu Jao hingga kini masih digunakan untuk kepentingan peribadahan.

6. Bukit Cambai
Bagi penggemar wisata minat khusus seperti trekking dengan tingkat kesulitan yang tidak terlalu berat, datang saja ke Bukit Cambai. Ini adalah destinasi alternatif para pecinta hiking yang tidak sempat mendaki Gunung Talang. Bukit Cambai terlihat dari jalan raya dan nampak berbentuk seperti bukit dalam film Teletubbies.

Anda dapat memulai pendakian dari Pasar Simpang ke arah Kapalo Danau Di Bawah dan mendaki selama 2 jam. Di puncak, traveler akan melihat 4 danau yang ada di Kabupaten Solok, yakni Danau Atas, Danau Bawah, Danau Talang, dan Danau Singkarak.

Selain untuk mendaki, Bukit Cambai juga menjadi tempat favorit untuk berburu babi hutan. Perburuan ini adalah salah satu tradisi masyarakat lokal. Itulah 5 destinasi di Kabupaten Solok yang akan memperkaya pengalaman Anda selama di Sumatera Barat

7. SarimanggisSarimanggis merupakan salah satu objek Wisata alam Kabupaten Solok terletak di Kaki Gunung talang. Tempat ini difasilitasi sebuah kolam renang dan kolam dengan peta Indonesia layaknya di TMII. anehnya di peta ini pulau jawa tidaklah kelihatan.

8. Panorama Angin Berhembus
Panorama angin berhembus terletak di titik tertinggi kabupaten solok sebelah timur. Layaknya bukit bintang di Kota Yogyakarta tempat ini menyajikan view kota solok yang indah terutama pada malam hari dengan danau singkarak terbentang disisi timurnya.

No comments:

Post a Comment