Tuesday, December 9, 2014

10 Manfaat Mengonsumsi Bayam


Bayam itu banyak manfaatnya. Daun-daunan hijau seperti bayam itu menyediakan gizi lebih banyak dibanding makanan manapun, saat dibandingkan secara kalori per kalori.
Berikut ini beberapa fakta mengenai bayam yang perlu dipertimbangkan:
1. Bayam itu adalah suatu makanan yang sangat padat gizi. Bayam itu rendah dalam kalori tapi sangat tinggi dalam vitamin, mineral, dan phytonutrient lain.
Saat anda mengonsumsi makanan yang sehat ini, anda tidak perlu lagi khawatir tentang diet pengurangan berat badan jika anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak.
Daun-daunan hijau ini adalah suatu sumber yang sempurna untuk vitamin K, vitamin A, magnesium, folate, manganese, zat besi, kalsium, vitamin C, vitamin B2, potassium, dan vitamin B6.
Bayam adalah suatu sumber yang sangat bagus untuk protein, fosfor, vitamin E, zinc, serat asupan, dan copper. Juga, suatu sumber yang bagus untuk selenium, niacin, dan asam lemak omega-3.
2. Salah satu dari keunggulan bayam itu adalah bahwa sayuran ini selalu tersedia, hampir diseluruh dunia.
Bahkan dengan profil gizinya yang berlimpah, bayam itu terdengar seperti suatu makanan yang super mengagumkan, mudah untuk ditemukan di pasaran atau mudah untuk tumbuh. Selain itu, harganya terjangkau.
3. Bayam itu adalah suatu makanan serbaguna. Bayam bisa dimakan dalam keadaan mentah di dalam suatu salad (dan jauh lebih bergizi dibanding selada) atau suatu green smoothie.
Atau bayam bisa dimasak dan dimakan sebagai suatu sajian tersendiri atau ditambahkan ke dalam soup dan masakan lain.
4. Bayam itu dipenuhi dengan flavonoid yang bertindak sebagai antioxidant, melindungi tubuh dari radikal-radikal bebas. Para peneliti telah menemukan setidaknya 13 jenis zat flavonoid yang bertindak sebagai zat-zat anti-kanker.
5. Manfaat lain dari bayam adalah menyehatkan jantung. Bayam adalah suatu sumber yang menonjol untuk vitamin C dan A yang merupakan antioxidant yang membantu mengurangi jumlah radikal bebas di dalam tubuh.
Antioxidant bekerja untuk menjaga kolesterol agar tidak teroksidasi. Selain itu, folat itu bagus untuk kesehatan sistem saluran darah, juga magnesium, suatu mineral yang membantu menurunkan tekanan darah.
6. Kesehatan saluran pencernaan bisa dijaga dengan memperbanyak konsumsi makanan ini. Beta-carotene dan vitamin C bekerja untuk melindungi cell-cell usus dari efek-efek berbahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas.
Selain itu, kerusakan DNA dan mutasi-mutasi di dalam cell-cell usus mungkin bisa dicegah oleh folate yang terdapat di dalam sayuran berdaun hijau ini.
7. Beberapa kondisi yang di identifkasi sebagai peradangan, misalnya arthritis, osteoporosis, sakit kepala migraine, dan asthma, mungkin bisa terbantu karena sifat-sifat anti-peradangan dari sebagian gizi yang ditemukan di dalam bayam.
8. Studi-studi telah menunjukkan bahwa konsumsi dari sayuran berdaun hijau misalnya bayam itu mungkin bisa memperlambat penurunan di dalam fungsi otak yang berhubungan dengan usia.
9. Pernah mendengar tentang lutein? Yaitu suatu carotenoid yang ditemukan di dalam bayam yang melindungi terhadap penyakit mata misalnya katarak yang berhubungan dengan usia dan degenerasi macular.
Ada beberapa indikasi bahwa lutein itu mungkin akan lebih mudah diserap jika anda memakannya dengan sedikit lemak, misalnya minyak zaitun.
10. Mineral zat besi itu terutama penting untuk wanita yang sedang menstruasi, anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh.
Jika dibandingkan dengan daging, bayam itu menyediakan lebih banyak zat besi dengan kalori yang lebih sedikit, bebas lemak dan kolesterol.
Karena zat besi itu adalah suatu komponen dari hemoglobin, yang mengangkut oksigen ke seluruh cell di dalam tubuh, berarti zat besi itu dibutuhkan untuk memproduksi energi.
Itu tadi 10 manfaat luar biasa dari bayam. Namun, ada beberapa hal yang harus diwaspadai yang mungkin tidak begitu luar biasa:
  • Sebagian orang alergi terhadap bayam.

  • Bayam itu adalah salah satu makanan yang paling banyak mengandung pestisida, jadi penting untuk memilih bayam organik, jika memungkinkan.

  • Oxalate di dalam bayam itu mungkin mengganggu penyerapan kalsium, juga berpotensi mengkristal. Orang-orang yang memiliki gangguan pada ginjal dan kantung empedu mungkin perlu berhati-hati dengan sayuran ini.

  • Adalah hal yang mungkin bahwa bayam itu bisa mengganggu fungsi kelenjar thyroid, tapi dengan memasaknya mungkin akan mengurangi zat-zat goitrogenic.

  • Orang-orang yang cenderung asam-urat mungkin akan terpengaruh oleh purine di dalam makanan ini.
Tapi jangan biarkan daftar peringatan tersebut menghalangi anda untuk menikmati berbagai manfaat bayam bagi kesehatan. Sebagian besar orang bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut dengan cara rutin menyertakan makanan lezat ini ke dalam diet.(sumber : Kompasiana)

No comments:

Post a Comment