Monday, December 8, 2014

Indahnya Alam Kerinci Propinsi Jambi

Kabupaten Kerinci merupakan enklave dataran tinggi terbesar di dunia, dikelilingi oleh TNKS. Udaranya sejuk, rata- rata per tahun minimum 17 derajat celcius, dan maksimum 27 derajat celcius. Berada pada ketinggian 700-2.000 meter di atas permukaan laut (dpl), dengan titik tertinggi puncak Gunung Kerinci 3.805 meter dpl.















BAGAIMANA mencapai Kabupaten Kerinci? Kerinci bisa dicapai melalui empat jalur jalan darat. Pertama, jalur kota Jambi-Sarolangun-Bangko- Sungaipenuh (420 km) dengan waktu tempuh 10-12 jam. Di musim hujan, waktu perjalanan bisa menjadi 12-14 jam.
Kedua, dari Padang ke Sungaipenuh melalui Muaralabuh (180 km), dengan waktu tempuh empat hingga enam jam. Ruas jalan ini relatif baik, dan merupakan ruas jalan yang paling banyak digunakan.
Ketiga, Padang-Sungaipenuh lewat Painan, Pesisir Selatan (277 km) dengan waktu tempuh lima sampai tujuh jam. Terakhir dari Bengkulu-Sungaipenuh melalui Bengkulu Utara (420 km) dengan waktu tempuh 10 jam.
Melewati semua ruas jalan ini tersedia angkutan umum yang cukup banyak, baik bus maupun kendaraan travel. Ongkos naik bus Jambi-Sungaipenuh Rp 40.000 per penumpang, dan mobil travel Rp 55.000 per penumpang. Juga tersedia kendaraan carteran. Meskipun terdapat kerusakan di banyak tempat, semua ruas jalan ini bisa ditempuh dengan semua jenis kendaraan. Dari segi keamanan, kawasan ini cukup aman, baik siang maupun malam.



2 comments:

  1. memang indah sih,, aku pernah kesana lho,,, kalau gak salah gambar yang paling atas kebun teh kayu aro yang sangat luas,,

    ReplyDelete
  2. Btul..gmbr trsbt adlh kbun teh yang terletak d kayu aro kerinci propinsi Jambi....kpan2 kta main ksna lagi aja ya..hehe

    ReplyDelete