Monday, December 1, 2014

macam rempah yang ada di Indonesia

Zingiber officinale - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-146.jpg


Rempah - rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang di gunakan dalam jumlah kecil pada makanan sebagai pengawet atau perisa dalam masakan.. Rempah - rempah biasanya dibedakan dengan tanama lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering. Rempah - rempah sudah digunakan beribu - ribu tahun yang lalu. Rempah - rempah pun menjadi incaran para penjajah sejak abad 15-16. Aroma khas rempah menjadi daya tarik bagi para pecinta rempah terutama negara Eropa dan Asia. Rempah - rempah dapat tumbuh subur di kawasan tropis sehingga para kolonial Portugis, Inggris dan Belanda menguasai Asia hanya untuk menjajah rempah - rempah pada waktu itu.
Masakan dari berbagai daerah di Indonesia terkenal dengan kelezatan rasa sperti aromanya. Kunci dari kekuatan rasa tersebut terletak pada bumbu dan rempah - rempah pertanian.

Kandungan yang terdapat pada rempah - rempah. Para pakar dunia berkesimpulan tentang banyaknya manfaat dalam tiap jenis rempah - rempah di Indonesia di antaranya mengandung Oksidan, antibakteri,antikhamir, antikanker,antiseptik, dan antibiotik.
Antioksidan merupakan zat pengikat radikal bebas yang disebabkan dari lingkungan yang baik dan dapat memicu pertumbuhan penyakit dalam tubuh kita apalagi di zaman globalisai ini.

Macam - macam rempah - rempah di Indonesia
Di Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah - rempah banyak sekali rempah - rempah yang di hasilkan di negara kita di antaranya adalah, ketumbar,cengkeh,merica atau lada, kayu manis,kencur,jahe,palabawang merah, bawang putih,bawang bombay,kemiri, jinten,kapulaga dan sebagainya.
namun dari nama rempah rempah yang ada di Indonesia, berikut beberapa rempah rempah yang paling tersohor di Indonesia adalah :

1.Lada / Merica



Lada

Provinsi Lampung merupakan penghasil lada hitam terbesar. pada lada hitam banyak di hasilkan di provinsi Bangka

2.Cengkeh
Syzygium aromaticum - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-030.jpg

Maluku merupakan penghasil cengkeh terbesar di Indonesia

3. Pala
Pala

Pala merupakan komoditas nomor dua di Zaman VOC

4. jahe



Berkas:Zingiber officinale - Köhler–s Medizinal-Pflanzen-146.jpg
 kehangatan jahe sangat terkenal di Benua Eropa, jahe dapat tumbuh subur di semua wilayah

Beberapa daerah pertanian pengahsil rempah - rempah di Indonesia
1. Bawang. Bawang merah dan bawang putih merupakan salah satu tanaman sayuran yang menjdi menu pokok hampir pada semua jenis makanan dengan fungsi sebagai penyedap masakan dan khasiat bagi manusia. Daerah pengshasil bawang banyak terdapat di daerah Kalimantan Barat dan kalimantan Selatan

sumber : bisnis.liputan6.com                                              sumber :jurnalasia.com

2. Cengkeh. adalah rempah - rempah purbakala yang telah di kenal dan digunakan sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Phonnya merupakan tanaman asli kepulauan Maluku(ternate dan tidore), yang dahulu di kenal oleh para penjelajah sebagai spice Island. Cengkeh pernah menjadi salah satu rempah yang paling populer dan mahal di eropa, melebihi harga Emas. Daerah penghasil cengkeh banyak terdapat di daerah Jambi, Jawa Barat, Jawa tengah, jawa timur, kalimantan Tengah, kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua,Riau, Sulawesia Tenggara, sulawesi Utara, Smatera Selatan, dan DI Yogyakarta.

sumber : cybex.deptan.go.id

3. Kayu manis.Sebuah studi menemukan bahwa menambah kayu manis ke dalam makanan pencuci mulut dapat menekan kadar gula darah tanpa menghilangkan rasa manis. Kayu manis banyak terdapat di Daerah jambi, Sumatera Barat dan DI Yogyakarta
Terlihat  Kayu Kulit Manis yang  sedang dijemur, dikupas dari batangnya, siap di jual, kendati hanya harga rendah. Pembelinya, pedagang pengumpul, tengkulah. Adakah, kita memikirnya, mensejahterakan petani sendiri, ..? jawabannya, kita tunggu kebijakan pemerintah. (ft/dok/Istimewa-Neone)
sumber : media online.KPK Jambi

No comments:

Post a Comment