Thursday, December 11, 2014

Budaya Indonesia pada Era Globalisasi



Indonesia adalah negara yang kaya. Selain memiliki kekayaan alam, Indonesia juga memiliki kekayaan Budaya. Tanah Indonesia yang terbentang dari sabang hingga Merauke di huni lebih dari 500 suku bangsa. Setiap suku bangsa memiliki beragam corak, baik bahasa, adat istiadat,pakaian,agama,maupun kesenian. semua bentuk kebudayaan tersebut merupakan hasil akal budi manusia. kebudayaan menjadi pedoman perilaku bagi masyakat yang mendukungnya.

 
 ragam buadaya Indonesia

 Kebudayaan juga merupakan hasil kajian terhadap cara hidup masyarakat sehari - hari. cara hidup itu meliputi cara berfikir, merasakan,bertindak dan bertingkah laku. Misalnya, cara berbicara orang suku Jawa berbeda dengan orang Batak. Cara memakai kebaya antara orang Jakarta berbeda dengan orang Solo. Meskipun berbeda, bernagai budaya yang dimiliki diakui sebagai budaya bangsa Indonesia.Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu sudah memiliki kebudayaan yang agung. Bangsa Indonesia bisa menghasilkan tulisan - tulisan, prasasti dan bangunan - banguna megah, contohnya candi Prambanan, Borobudur, Perahu Penisi dan karya serta kerajinan Khas.
 
salah satu hasil budaya luhur bangsa Indonesia Candi Borobudur

 Globalisasi sebagai proses telah melanda dunia secara lintas budaya. hal ini menyebabkan terjadinya interaksi antarbudaya. bahkan, interaksi tersebut dapat menciptakan kebudayaan baru yang berbeda dengan kebudayaan sebelumnya. hal ini menjadi tantangan bagi bangsa untuk tetap mempertahankan budaya khas Indonesia. Budaya nasional yang khas merupakan bentuk keunggulan bangsa dibandingkan negara lain. Kita bisa memanfaatkan budaya untuk mengenalkan potensi lainya, seperti potensi ekonomi, misalnya melalui iklan Pariwisata yang menampilkan kesenian tari. wisatawan yang tertarik akan datang dan mengenal lebih jauh tentang Indonesia.

contoh kesenian tari dari Sumatera Barat

Semakin dikenalnya keanekaragaman budaya Indonesia oleh bangsa - bangsa lain terutama disebabkan oleh 2 hal yaitu:
  1. Kunjungan warga asing sebagai wisatawan untuk melihat, memahami, dan menikmati kebudayaan Indonesia.
  2. Adanya misi kebudayaan dari pemrintah Indonesia. Kebudayaan Indonesia ditampilkan dan dipentaskan di negara lain. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada warga asing dan menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.
Produk kerajinan Indonesia yang ikut dalam pameran kerajinan MACEF di Milan, Italia
merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan menarik wisatawan berkunjung Indonesia 

Melihat kenyataan ini, globalisasi membawa beberapa keuntungan bagi kebudayaan Indonesia. adapun keuntungan yang diperoleh bagi negara Indonesia adalah :
  1. Kebudayaan Indonesia akan lebih dikenal di negara lain
  2. Mempererat hubungan dengan negara lain yang ada di permukaan bumi
  3. Indonesia diakui sebagai negara yang memiliki kesenian dan kebudayaan tinggi

No comments:

Post a Comment