Wednesday, December 10, 2014

EMPAT FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN

Kesehatan adalah anugrah yag paling berharga bagi setiap manusia, buat apa bnyak harta tetapi badan sakit. memang kesehatan itu bukan segalanya. Tetapi tanpa kesehatan, segalanya tiada arti. saat sakit manusia akan mengalami banyak kerugian percuma. Menurut Hendrick L Blumm, terdapat 4 faktor yang mempengaruhi kesehata masyarakat. yaitu :

  1. Faktor Perilaku yaitu Perilaku masyarakat yang sehat akan menunjang dan berdampak makin meningkatnya kesehatan masyarakat misalnya , kebiasaan dari pola makan yang sehat dapat menghindarkan dari serangan banyak penyakit, antara lain jantung, darah tinggi, stroke,obesitas, ( kegemukan) dan diabetes melitus. kebiasaan mencuci tangan sebelum makan akan menghindarkan dari penyakit saluran pencernaan, dan menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dapat mencegah penyakit sepuutar kesehatan gigi dan mulut.
  2. Faktor lingkungan. Faktor yang bersih sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. perbandingan angka orang sakit yag signifikan terjadi antara lingkungan yang bersih dan lingkungan kumyr/kotor. beberapa penyakit yag sering menjangkiti masyarakat yag hidup di lingkungan kumuh antara lain. demam berdarah,gatal - gatal, infeksi saluran pencernaan dan pernafassan
 
  1. Faktor pelayananan kesehatan. Ketersediaan fasilitas kesehatan dengan mutu pelayanan yang baik akan mempercepat kesehatan masyarakat. Dengan adanya fasilitas yang mudah dijangkau dan dengan mutu pelayanan yag baik , akan meningkatkan akses pelayanan kesehatan masyarakat.
  2. Faktor keturunan. Banyak penyakit dapat dicegah, misalnya dengan cara membersihkan lingkungan namun, sebagian penyakit tidak dapat dihindari, seperti penyakit keturunan seperti kaner dan diabetes . makin besar resiko penyakit keturunan akan semakin sulitmeningkatkan kesehatan untuk mencegah penyakit keturunan perlu adanya konseling keluarga yang baik.

 
 
keempat faktor yang mempengaruhi kesehatan di atas saling berkaitan dan tidak berdiri sendiri - sendiri. oleh karena itu, iupaya pembangunan sarana kesehatan harus dilaksanakan secara berkesinambungan dan secara simultan. Upaya yang dilasanakan harus komprehensif yang memiliki arti kesehatan harus mencakup upaya preventif/promotif,kuratif dan rehabilitatif. Pemerintah sebagai pembuat regulasi harus berperan aktif alam pembangunan sarana kesehatan serta pelaksanaan kesehatan secara menyeluruh

No comments:

Post a Comment