Tuesday, December 16, 2014

Hamparan Kebun Teh di Pulau Sumatera

1.Segarnya Suasana Kebun Teh Sidamanik di Sumatera Utara

kebun teh sidamanik 3
Kebun sawit, kebun karet, kebun durian, kebun rambutan, itu udah biasa kita lihat di daerah Sumatera Utara. Ada yang menjadi ciri khas tersendiri jika kita lihat secara langsung panorama kebun teh. Yup.. ada kebun teh yang sangat luas di daerah Sidamanik, Sumatera Utara. Sejauh mata memandang, hamparan pohon teh membentang luas mengikuti lika-liku tanahnya yang bergelombang.

Letak kebun teh ini sekitar 15 km dari kota Siantar. Bisa lebih 30 menit untuk menuju kesana, soalnya jalanan banyak lubang. Mau nggak mau ya harus pelan-pelan. Kalau pengen kesana, ingat jadwal pulang. Jalanan dari Siantar menuju Sidamanik ini gak ada penerangan jalannya. Jadi kalau ngelewatin jalan ini sebaiknya jangan lewat waktu maghrib.
Lebih asik lagi nginap di sana :mrgreen: Aku mendapat tumpangan tidur di rumah temanku yang rumahnya pas di dalam komplek kebun teh. Lumayan bisa puas ngeliat sekeliling kebun tanpa diburu waktu pulang. Momen yang bagus tentu di pagi hari, udaranya masih segar… pemandangan paginya pun indah.
kebun teh sidamanik 2
Di sekitar kebun teh ini ada juga tempat wisata lainnya. Aku udah mengunjungi Air Terjun Bah Biak dan Sungai Aek Manik.





2.Kebun Teh Alahan Panjang Solok
Alahan Panjang, nagari di Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat bagian selatan, berjarak 65 km dari Kota Padang. Terletak di atas bukit barisan pada ketinggian 1400-1600 m dpl. Sudah pasti daerah ini berhawa dingin.

Objek wisata kebun teh di Alahan Panjang, Nagari Aia Batumbuak, Kabupaten Solok, ramai dikunjungi wisatawan khususnya dari Pekanbaru, Medan dan Jambi. Di samping menikmati keindahan alam pemandangan kebun teh yang terhampar luas, wisatawan juga dapat menikmati makanan yang djual penduduk asli Nagari Aia Batumbuak seperti teh asli Alahan Panjang, sate dan kolak kundua hangat. Pemandangan alam dan udara yang sejuk membuat wistawan betah untuk datang.


windows- kebun teh



memetik teh



hamparan teh hijau


 
Selain empat danau yang menawan,, Solok juga memiliki daerah tujuan wisata agrikultur yang tidak dimiliki daerah lainnya di Sumatera Barat. Apalagi kalau bukan kebun teh Alahan Panjang. Kawasan wisata ini terletak sekitar 65 km dari kota Padang yang terletak di atas sekitar 1.400 – 1.600 m dari permukaan laut. Yang pasti, hawa dingin langsung menusuk ketika anda memasuki kawasan perkebunan teh di Alahan Panjang. Dan bagi para wisatawan yang sedang mencari obyek wisata yang asri dan juga lepas dari hingar bingar kota, tentu tempat ini sangat cocok

No comments:

Post a Comment