Thursday, November 13, 2014

10 Universitas Bereputasi Terbaik di Dunia

Reputasi merupakan hal terpenting bagi penyelenggara pendidikan. Reputasi terbaik, berimplikasi terhadap lulusan yang baik pula.  
Forbes merilis data universitas dengan reputasi terbaik di dunia. Berikut data selengkapnya.

1. Harvard
Kampus ini didirikan pada 8 September 1636, yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas ini memiliki sembilan fakultas, antara lain hukum, kedokteran, dan design.
 
Banyak pejabat dunia yang lulusan Harvard seperti Ban Ki-moon, George Bush, Barack Obama. Di Indonesia, sejumlah tokoh yang lulusan dari universitas bergengsi ini antara lain Alvin Lesmana, Endang Rahayu Sedyaningsih, dan Gita Wirjawan.
 
2. Massachusetts Institute of Technology
Kampus ini didirikan pada 1861, yang berlokasi di Kota Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Awalnya kampus ini memfokuskan kepada ilmu berbasis teknologi. Namun terus berkembang untuk ilmu  ekonomi, arsitek, dan ilmu politik.
 
Alumnus MIT antara lain, Kofi Annan, Ben Bernanke, Paul Krugman, Benjamin Netanyahu.
 
3. Stanford University
Kampus ini didirikan pada 1891, yang berlokasi di California, Amerika Serikat. Stanford melahirkan orang kenamaan dunia, seperti Hewlett-Packard (William Hewlett and David Packard) dan Cisco Systems (Sandra Lerner and Leonard Bosack).
 
4. University of Cambridge
Kampus ini dibangun pada 1209, yang berlokasi di Cambridgeshire, Inggris. Kampus ini sangat termahsyur di Inggris.
 
Kampus ini tergabung dalam Grup Russell, sebuah jaringan besar universitas di Inggris yang berorientasi riset.  Selain itu juga tergabung  Grup Coimbra, kumpulan universitas terkemuka Eropa dan League of European Research Universities, (LERU).
 
5. University of Oxford
Universitas ini merupakan yang tertua di Inggris. Dibangun pada 1096. Kampus ini juga anggota dari Leru dan grup Rusell.
 
6. University of California, Berkeley
Universitas ini dibangun pada 23 Maret 1868 di San Fracisco, California. Adapun fakultas unggulan di kampus ini ilmu ekonomi, fisika, kimia, dan biologi.
 
7. Princeton University
Kampus ini dibangun pada 1746, yang berlokasi di New Jersey, Amerika Serikat. Universita ini berbasis riset dengan fakultas seni, geologi, dan kimia.
 
8. Yale University
Yale dibangun pada 1701 di New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat. Fakultas yang tersedia, antara lain teater, drama, musik, kedokteran, dan arsitektur.
 
9. California Institute of Technology
Kampus yang dikenal dengan sebutan Caltech ini dibangun pada 1891, berlokasi di Pasadena, California, Amerika Serikat. Universitas ini menekankan pada ilmu alam dan teknik.
 
10. University of California
Universitas ini dibangun pada 1868, yang berlokasi di Oakland, California, Amerika. Di universitas ini terdapat fakultas biomedik, kesenian budaya sosial, kedokteran, dan ekonomi.

No comments:

Post a Comment