Thursday, November 13, 2014

Bunga yang Kecil dan Indah, Namun Mematikan

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipk68XwItOpjtalPtMI-GAb9q9mEn0v4mhM0tT8Id811Eip7TMIXmfM9E59o07ZcRDqrhmrXMV9qDTVapVW3XUCsafsQk74ahvzKQ1GX2FwMU_Ee8M_7Zh9X7YiYHLmi_V_QfojwGaigY/s1600/flowers-lily_00352893.jpg
Lily of the valley, begitulah nama bunga yang bentuk dan warnanya yang indah ini. Namun jangan disangka, dibalik keindahannya, bunga ini menyimpan bahaya bagi manusia. Bunga ini mirip dengan bunga Daphne yang sangat beracun. Bunga ini sering disebut dengan bunga musim semi dengan bunga yang berwarna putih dan tubuh yang menyerupai lonceng. Bunga Lily of the valley ini banyak tumbuh di Negara Inggris bagian utara.Banyak orang-orang di Negara luar mengatakan bahwa filosofi dari bunga ini adalah bunga kepercayaan, pancaran kebahagiaan, dan kesucian karena warnanya yang putih bunga ini di anggap sebagai bunga yang suci. Lily of the valley ini adalah jenis bunga yang paling indah diantara keluarga bunga Lily yang lainnya. Pada bulan September, lily of the valley ini akan mengeluarkan buah berry yang tumbuh dari bagian mahkotanya yang indah. Buah berry ini biasanya berukuran diameter 5-7 mm.

Namun dibalik tubuhnya yang indah, Lily of the valley ini menyimpah banyak kekurangan. Karena bunga ini dapat membahayakan manusia, jika manusia mengkonsumsi bunga ini dalam jumlah yang banyak. Jika hanya memakan satu atau dua sajar dari bunga ini, mungkin tidak berdampak banyak pada esehatan. Namun jika seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak maka dampak yang akan di timbulkan sangatlah membahayakan bagi tubuh yaitu seseorang akan merasa gatal pada bagian mulut, mual yang sangat luar biasa, muntah-muntah, diare dan serta akan kram seluruh bagian tubuhnya. Karena di dalam tubuh Lily of the valley ini mengandung racun yang dapat mematikan jika seseorang memakan Bungan tersebut, racun yang bernama Convallatoxin, racun yang terdapat di dalam tumbuhan ini dulu digunakan sebagai keperluan medikasi hati. Kegunaan lain dari bunga Lily of the valley ini adalah untuk membuat parfum. Yang lebih membahayakan adalah jika bunga ini dikonsumsi seseorang, racun yang ada di dalam bunga lily of the valley ini dapat menyebabkan disfungsi jantung dan membuat detak jantung melemah.

Di balik bunga yang indah namun beracun ini, Lily of the valley masih menyimpan beberapa manfaat yang ditimbulkan dari dalam tubuhnya yaitu digunakan untuk keperluan pengobatan, dapat mencegah atau menolak racun, digunakan juga sebagai keperluan pengobatan hati dan epilepsy.

Banyak sekali arti dari bunga ini selain memiliki arti kesucian, bunga lily of the valley ini juga diberi arti sebagai lambing kesederhanaan, pesona keindahan, pesona kerendahan hati, kemurnian, dan juga beberapa orang mempercayai bahwa bunga ini dapat membawa keberuntungan dalam dunia perintaan, maka dari itu bunga lily of the valley ini sering di temukan di dalam penataan di pesta-pesta pernikahan. Bunga lily of the valley sering disebut juga “Mei Lily”. Karena bunga lily of the valley ini pada umumnya tumbuh ini bulan mei, maka bunga ini dijadikan symbol kelahiran bulan mei sama seperti bunga lain yang menjadi symbol bulan mei yaitu batu Zamrud atau emerald. Bunga Lily of the Valley ini adalah salah satu bunga yang muncul di cerita-cerita alkitab Kristen yang dipercayai bahwa air mata Bunda Maria yang jatuh di Salib Yesus berubah menjadi bunga Lily of the Valley. Cerita lain mengatakan bahwa bunga Lily of the Valley muncul dari darah St. George yang berperang melawan seekor naga. Jadi memang banyak sekali filosofi dari bunga yang putih nan indah ini. Jadi memang bunga yang indah ini hanya untuk di pandangi keindahannya saja bukan untuk di konsumsi manusia.

No comments:

Post a Comment