Saturday, November 29, 2014

Gerak Bumi dan Bulan bag.1

Gerak Bumi,Bulan,dan beberapa akibatnya.
 
Tanpa kita sadari, Bumi yang kita tempati ini tidak pernah berhenti bergerak.dan gerak - gerak apa sajakah yang di lakukan oleh bumi kita, di bawah ini kita akan membahas tentang gerak yang di lakukan bumi dan apa saja yang akan kita rasajan saat bumi ini bergerak.
1. Gerak Rotasi.

 sumber:wikipedia Bahasa Indonesia
Salah satu gerak yang di lakukan bumi adalah Rotasi. Rotasi bumi dapat di artikan sebagai perputaran bumi pada porosnya. Arah rotasi bumi dari barat ke timur. Untuk melakukan satu kali rotasi Bumi memerlukan waktu 23 jam 56 menit 4 detik ( dibulatkan menjadi 24 jam). waktu untuk satu kali rotasi bumi di sebut kala rotasi. saat berotasi posisi Bumi miring 23 1/2° dari sumbunya.perputaran Bumi pada porosnya memicu terjadinya beberapa gejala alam seperti (a) pergantian sian dan malam(b)Gerak semu Harian matahari(c)perbedaan waktu di berbagai tempat di dunia(d)perbedaan percepatan gravitasi di permukaan bumi
2. Revolusi Bumi
adalah gerakan bumi berputar mengelilingi matahari dengan posisi tetap berputar pada porosnya. Artinya, saat berevolusi bumi tetap berotasi. Waktu yang diperlukan Bumi untuk satu kali berovolusi adalah 365 1/4 hari atau 1 tahun.
revolusi Bumi membawa beberapa pengaruh terhadap bumi.di antaranya
 (a) gerak semu tahunan matahari
sumber gambar : rumus-fisika.com

(b) Perubahan Musim
Perubahan musin di dunia di pengaruhi oleh revolusi Bumi. bagaimana perubahan tersebut berlangsung?penjelasan penyebab perubahan musim ini erat kaitannya dengan gerak semu tahunan matahari, oleh karena itu, perhatikan lagi gambar skema gerak semu tahunan matahari.
pada tanggal 21 maret-21 Juni, matahari seolah bergerak ke utara. pada periode waktu tersebut, semua daerah di Bumi utara mengalami musim semi dan belahan bumi selatan mengalami musim gugur. Pada periode waktu antara 21 Juni-23 September, matahri tampak kembali berada di atas khatulistiwa. pada periode ini belahan bumi utara mengalami musim panas. sementara itu belahan Bumi selatan mengalami musim dingin. Matahari terus bergerak ke selatan hingga tanggal 22 Desember. Antara tanggal 23 september-22 Desember ini, daerah belahan bumi utara mengalami musinm gugur, sedangkan daerah belahan bumi selatan mengalami musim semi.




sumber gambar : fisikazone.com

No comments:

Post a Comment