Monday, November 24, 2014

Kota Wisata Indonesia

Kota Wisata Indonesia - Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang tentunya memiliki banyak sekali tempat wisata di setiap kotanya. Dengan memiliki hingga puluhan ribu pulau maka Indonesia disebut sebagai negara kepulauan di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa, salah satu negara yang juga banyak dikunjungi para pelancong atau wisatawan dari penjuru dunia. Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, memiliki beraneka macam kebudayaan dan obyek wisata yang menarik bagi kaum wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pariwisata merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia dan menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa, jadi dari sektor kepariwisataan juga menjadi salah satu prioritas utama untuk dikembangkan dan dimajukan. Dengan memiliki banyak pulau dan aneka ragam kebudayaan maka kekayaan alam serta budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Banyak sekali jenis tempat wisata diantaranya wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, wisata religi, serta wisata lainnya. Macam-macam tempat wisata seperti itu bisa dijumpai di berbagai wilayah maupun kota, dan tidak sulit untuk menemukan kota wisata Indonesia yang menarik. Berikut saya ulas kota mana saja yang memiliki sejumlah tempat wisata yang paling populer dan menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kota Wisata Indonesia

Kota Wisata Indonesia

Kota Wisata Jakarta
Satu-satunya kota yang memiliki status setingkat provinsi dan merupakan ibukota negara Indonesia. Jakarta merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia dan memiliki banyak taman kota seperti Taman Medan Merdeka yang mana merupakan taman terluas yang terletak di jantung kota, Taman Suropati yang berbentuk oval dan dikelilingi oleh bangunan-bangunan kuno, Taman Lapangan Banteng yang dulunya sempat dijadikan terminal bus, serta taman-taman lain yang menjadi obyek wisata favorit untuk bersantai. Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup baik di Indonesia dan beberapa tempat wisata yang terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara diantaranya yaitu;
Untuk selengkapnya silahkan baca - Daftar Semua Tempat Wisata di Jakarta
Selain tempat wisata terkenal seperti itu, Jakarta juga terdapat pusat perbelanjaan yang menjadi tempat wisata belanja favorite wisatawan serta berbagai macam restaurant atau cafe. Untuk wisatawan yang membutuhkan penginapan, di kota Jakarta juga banyak berdiri hotel dan sejenisnya mulai dari yang biasa hingga yang mewah atau berbintang.

Kota Wisata Yogyakarta
Kota Jogja atau Yogyakarta ini juga menjadi salah satu surganya wisatawan, tak jarang wisatawan mancanegara melakukan aktivitas wisatanya di kota yang dijuluki kota gudeg ini. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di wilayah Pulau Jawa yang juga merupakan ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di kota ini terdapat sebuah keraton yang terkenal dan masih berfungsi bernama Keraton Ngayogyakarta, keraton ini juga merupakan tujuan utama bagi wisatawan yang ingin mengenal sejarah kota Yogyakarta. Kebanyakan para wisatawan sangat betah tinggal di kota yang terkenal dengan adat budayanya ini, selain kotanya tenang dan damai serta lokasinya yang sangat strategis, juga banyak terdapat penginapan seperti hotel, novotel, villa, atau sejenisnya. Untuk menemukan tempat wisatanya tentu sangatlah mudah karena di Kota Yogyakarta memiliki berbagai macam obyek wisata seperti wisata alam, wisata goa, wisata belanja, wisata alam, atau lainnya. Untuk ulasan lengkapnya mengenai tempat wisata di Yogyakarta silahkan baca - Daftar Lengkap Tempat Wisata di Yogyakarta

Kota Wisata Bandung
Kota metropolitan terbesar di wilayah Jawa Barat dan merupakan salah satu kota bersejarah di Indonesia ini memiliki tempat wisata yang juga sudah banyak dikenal para wisatawan, tidak jarang juga wisatawan mancanegara berkunjung ke kota yang memiliki sebutan kota Kembang Bandung. Sejak terbukanya jalan tol cipularang, kota Bandung menjadi destinasi favorite bagi wisatawan yang ingin mengisi waktu liburannya terutama wisatawan yang berasal dari kota Jakarta atau sekitarnya. Kota Bandung memiliki beberapa kawasan yang menjadi taman kota juga memiliki ruang publik seni seperti museum, galeri, dan gedung pertunjukan, tempat seperti itu juga menjadi tujuan menyenangkan untuk berlibur. Selain itu banyak juga terdapat tempat wisata yang menjadi andalan bagi wisatawan yang berlibur ke kota Bandung, untuk pusat perbelanjaan, penginapan seperti hotel maupun villa juga banyak ditemui di kota ini, jadi ketika berlibur berwisata di kota Bandung akan semakin lengkap dan menyenangkan. Jika ingin mengetahui tempat wisata apa saja yang ada di Bandung bisa anda baca - Info Menarik Tempat Wisata di Bandung dan Sekitarnya

Kota Wisata Surabaya
Kota Surabaya terkenal dengan sejarahnya ketika merebut kemerdekaan sehingga kota yang memiliki simbol ikan sura dan buaya ini dikenal sebagai kota pahlawan. Jika anda ingin mengenal sejarah para pahlawan Indonesia maka kota Surabaya sangat cocok untuk dikunjungi, banyak monumen/tugu serta sejumlah museum yang menjadi tujuan wisata. Selain tempat wisata sejarah juga terdapat tempat wisata lainnya seperti wisata alam, wisata keluarga, juga wisata belanja, untuk ulasannya silahkan baca - Daftar Tempat Wisata di Surabaya Jawa Timur

Kota Wisata Semarang
Ibukota provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang ini juga menjadi salah satu kota wisata yang memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Kota ini menjadi salah satu kota yang paling berkembang di Pulau Jawa sekaligus menjadi kota metropilitan terbesar kelima di Indonesia. Dengan memiliki jenis wisata seperti wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata belanja, dan wisata keluarga, serta terdapat hotel-hotel mewah dan penginapan lainnya, maka kota ini juga menjadi destinasi favorite bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Selain tempat wisatanya, kuliner di kota Semarang juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang datang.

Kota Wisata Bogor
Kota yang terletak di selatan Jakarta ini juga menjadi tujuan wisata favorite bagi kalangan wisatawan, sejumlah tempat wisatanya mampu menarik banyak pengunjung salah satunya yaitu kawasan puncak Bogor yang selalu ramai pengunjung apalagi jika disaat liburan datang bisa dipastikan kawasan wisata tersebut dipadati wisatawan terutama yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Di Bogor merupakan salah satu tujuan wisata yang cocok untuk liburan panjang, dengan memiliki daerah yang sejuk maka sejumlah hotel mewah maupun villa banyak ditemukan di dekat obyek wisatanya, untuk daftar hotel dan villa bisa anda baca di - Hotel dan Villa di Puncak Bogor Jawa Barat

Kota Wisata Malang
Malang juga menjadi kota wisata yang juga terkenal di kalangan wisatawan, dengan berada di wilayah dataran tinggi dan memiliki udara yang sangat sejuk maka kota Malang juga cocok untuk liburan panjang, banyak terdapat hotel untuk menginap ketika disana, untuk daftar hotelnya bisa anda baca di - Daftar Hotel di Malang Jawa Timur. Kota Malang berada di sebelah selatan kota Surabaya, jadi bagi yang sedang berwisata ke kota Surabaya tidak ada salahnya menyempatkan diri mampir ke kota Malang.

Kota Wisata Pekanbaru
Meskipun kota ini terkenal sebagai kota perdagangan dan jasa, namun sejumlah tempat wisata yang ada di kota Pekanbaru juga menarik untuk dikunjungi. Kota Pekanbaru memiliki beberapa bangunan yang memiliki ciri khas arsitektur melayu, bangunan-bangunan tersebut juga menjadi bagian dari obyek wisata menarik untuk dikenal. Selain bangunan tentu terdapat pula tempat wisata lainnya seperti taman, danau, kebun binatang, museum, dan lainnya.

Kota Wisata Medan
Jika ingin mengunjungi sejumlah tempat bersejarah berupa bangunan tua maka kota Medan bisa dijadikan tujuan. Kota Medan memiliki banyak bangunan-bangunan tua yang masih menyisakan arsitektur aslinya, arsitektur yang terkenal dan menjadi salah satu perhatian wisatawan di kota ini yaitu bangunan dengan arsitektur khas Belanda pada jaman dahulu, selain itu ada bangunan bersejarah lainnya seperti istana, masjid, maupun ruko-ruko yang kini menjadi pusat jajanan dan makanan yang selalu ramai pada malam harinya.

Kota Wisata Palembang
Selain sebagai kota wisata, kota Palembang juga merupakan kota tertua di Indonesia. Sejumlah obyek wisata di kota ini juga tak kalah menariknya, salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang. Sejumlah museum, kampung wisata, taman, hutan, pusat kerajinan, monumen, dan rumah adat khas Palembang juga ikut melengkapi obyek pariwisata di kota tersebut.

Kota Wisata Makassar
Selain memiliki seni budaya yang memikat, kota Makassar juga memiliki banyak tempat wisata yang digunakan untuk keperluan hiburan masyarakat Makassar maupun wisatawan yang berasal dari kota maupun negara lain. Salah satu tempat wisata yang terkenal di kota Makassar yaitu Pantai Losari yang mana menjadi tempat favorite bagi warga Makassar untuk menikmati pemandangan alam serta sunset yang indah. Selain wisata alamnya yang indah, sejumlah obyek wisata lainnya juga menarik untuk dikunjungi.

Kota Wisata Denpasar Bali
Meskipun secara keseluruhan kota di Bali menjadi destinasi wisata menarik bagi banyak wisatawan, namun kota Denpasar yang juga menjadi ibukota provinsi Bali ini menjadi barometer bagi kemajuan pariwisata di Bali, hal ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai hotel berbintang sebagai sarana menunjang aktivitas pariwisata. Beberapa pantai yang ada di Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Legian, dan lainnya menjadi destinasi favorite bagi wisatawan termasuk wisatawan mancanegara.

Demikian ulasan mengenai Kota Wisata Indonesia versi Spot Wisata. Semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa bermanfaat bagi anda.

No comments:

Post a Comment