Wednesday, November 5, 2014

6 Cara Cepat Mengatasi Leher Kaku

Blog Dokter - Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi dari dunia kesehatan, dimana dalam kesempatan ini saya akan membahas mengenai leher kaku. Nyeri pada leher atau kaku biasanya dapat disebabkan karena posisi tidur, memakai komputer dengan waktu yang lama, atau bisa juga karena salah posisi duduk. Leher kaku akan sangat mengganggu aktivitas kita, gerakan leher kita tidak bebas dengan rasa sakit yang mendera. Meskipun leher kaku sering dianggap sepele, namun tetap saja harus dilakukan penanganan yang tepat bila perlu lakukan pemeriksaan pada dokter untuk mengetahui penyebab yang lebih spesifiknya sebelum kita mencoba tips mengenai Cara Mengatasi Leher Kaku.

Supaya tidak mengganggu aktivitas, kita bisa melakukan beberapa cara seperti pemijatan, kompres, dan lainnya. Leher yang normal dan tidak kaku membuat kita lebih bebas dalam bergerak sehingga aktivitas yang kita jalani tetap lancar, untuk itu perhatikanlah cara mengatasi leher kaku di bawah ini.

    Cara Cepat Mengatasi Leher Kaku    

mengatasi leher yang kaku
Ilustrasi Mengalami Kaku di Bagian Leher

Berikut Cara Mudah Mengatasi Leher Kaku

 1  Mengoleskan Balsem
Untuk meredakan rasa nyeri kita bisa mengoleskan dan membalurkan balsem pada bagian yang terasa sakit, balsem dapat meredakan rasa nyeri karena dapat mengendurkan otot dan urat yang kaku. Akan lebih baik hasilnya jika kita membalurkannya secara rutin dan disertai sedikit pijatan.

 2  Kompres
Untuk meredakan rasa nyeri kita dapat melakukan kompres panas dan dingin secara bergantian, kompres dapat membuat otot yang kaku mengendur dan menjadi rileks kembali seperti semula.

 3  Posisi Tidur
Posisi tidur juga berpengaruh terhadap leher kaku, posisi tidur yang salah membuat leher terasa sakit. Untuk mengatasinya jangan memposisikan tubuh terlalu membungkuk kemudian dengan bantal yang tidak terlalu tinggi.

 4  Posisi Duduk
Perhatikan juga posisi disaat kita duduk, usahakan agar posisi tetap lurus namun tetap rileks. Posisi tidur yang benar akan membuat kita terhindar dari kelainan pada tulang belakang dan leher kaku atau nyeri.

 5  Gerakan Olahraga
Jika leher terasa kaku dan nyeri kita dapat melakukan beberapa gerakan olahraga pada bagian leher. Kita dapat menggerakan kepala kekiri dan kekanan, keatas dan kebawah, atau bahkan gerakan memutar leher. Tujuannya supaya melemaskan urat dan otot pada leher yang kaku.

 6  Pemijatan
Pemijatan juga dapat membantu melemaskan otot dan urat yang kaku,lakukanlah pemijatan oleh orang yang ahli didalam bidangnya supaya khasiatnya lebih terasa. Hasil akan lebih baik bila sebelum dipijat kita mandi dengan air hangat kemudian diteruskan dengan beristirahat setelah proses pemijatan.

Itulah beberapa tips yang dapat saya bagikan, sebelum mencoba tips kita bisa berkonsultasi kepada dokter untuk membantu kita memilih salah satu tips diatas yang tepat untuk kita. Rupanya informasi mengenai Cara Mengatasi Leher Kaku cukup sekian. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat menghilangkan rasa kaku di leher dengan cepat.

No comments:

Post a Comment