Saturday, November 29, 2014

Gerak bumi dan bulan bag.2



3. Gerakan Bulan.
Apabila kita amati dari waktu ke waktu bentuk bulan berubah - ubah. padahal sebenarnya bulan berbentuk bulat. lalu, mengapi hal ini terjadi?sebenarnya bentuk bulan tidak berubah. akan tetapi, karena gerakanya terhadap bumi tampak berubah-ubah.
 sumber gambar :mastuqino.blogspot.com 










sebagai satelit Bumi, bulan melakukan tiga gerakan sekaligus (a). Bulan berputar pada porosnya (berotasi)
(b). Bulan mengelilingi Bumi (berevolusi). (c) Bulan dan bumi bersama - sama mengelilingi matahari.

a. Rotasi bulan. seperti Bumi, bulan juga berputar pada porosnya . untuk satu kali rotasi, bulan membutuhklan waktu 291/2  hari ( satu bulan).Rotasi Bulan tidak memberikan pengaruh apapun terhadap kehidupan di bumi. Bulan melakukan rotasi dengan arah yang berlawanan dsengan arah putaran jarum jam. Kala ritasi bulan sama dengan kala revolusi bulan terhadap bumi. kesamaan tersebut mengakibatkan permukaan bulan yang menghadap ke bumi selalu sama. 
b. Revolusi Bulan. Sebagian satelit bumi, bulan senantiasa bergerak mengelilingi Bumi. gerakan bulan mengelilingi bumi di sebut Revolusi bulan. Waktu yang di butuhkan bulan untuk melakukan satu kali revolusi adalah 29,5 hari (satu bula). Revolusi bulan mengakibatkan bentuk bulan mengakibatkan bentuk bulan yang terlihat dari bumi berubah - ubah. perubahan bentuk bulan itu di sebut fase - fase bulan. Bentuk bulan yang terlihat dari bumi tergantung pada luasnya permukaan bulan yang disinari matahari yang menghadap ke arah bumi. perhatikan fase - fase bulan berikut ini.
 
sumber gambar :purwaka.net 
sekali berevolusi, bulan mengalami delapan fase. setiap fase bulan berlangsung selama lebih kurang 3-4 hari.

c. Gerakan Revolusi Bulan terhadap Matahari.
Saat Bumi berevolusi terhadap matahari, sebagai satelit Bumi, bulan selalu mengikuti pergerakan bumi. Oleh karena itu, bulan juga berevolusi terhadap matahari. waktu yang diperlukan bulan mengelilingi matahari sama dengan waktu revolusi bumi, yaitu satu tahun (365 1/4). Dengan demikian, dalam satu tahun bulan mengelilingi matahari sebanyak satu kali dan mengelilingi bumi sebanyak 12 kali. oleh karena itu, dalam satu tahun di bagi menjadi 12 bulan
 













No comments:

Post a Comment