Tuesday, November 11, 2014

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan

Ragunan adalah nama dari kebun binatang yang ada di Jakarta Selatan, kebun binatang Ragunan memiliki beragam jenis binatang yang terdiri dari sekitar 295 spesies termasuk binatang yang dilindungi pemerintah. Kebun binatang Ragunan didirikan pada tahun 1864 dan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Dulunya kebun binatang ini bernama lain namun di tahun 1966 tepatnya pada tanggal 22 Juni telah diresmikan namanya menjadi Taman Margasatwa Ragunan. Kebun binatang Ragunan yang terletak di daerah Pasar Minggu Jakarta Selatan ini menjadi tempat wisata di Jakarta yang favorite bagi kalangan wisatawan terutama wisatawan yang datang bersama keluarga karena kebun binatang Ragunan cocok untuk kegiatan liburan bersama seperti piknik sambil menyaksikan berbagai koleksi hewan yang menarik. Disana pengunjung bisa melakukan kegiatan lainnya seperti bersepeda, bermain rakit, menyaksikan pertunjukan-pertunjukan, dan lainnya.

Kebun Binatang Ragunan selain memiliki koleksi hewan dari Indonesia juga banyak terdapat hewan dari negara lain seperti komodo yang berasala dari Pulau Komodo, rusa tutul dari India, jerapah yang berasal dari Afrika, gajah Sumatra, burung elang yang berasala dari berbagai negara, dan hewan-hewan lainnya. Jadi bagi anda yang ingin mengenal berbagai macam binatang asli Indonesia maupun binatang yang berasal dari negara lain saya rasa kebun binatang Ragunan bisa dijadikan tujuan selama di Jakarta.
Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga dan anak-anak, di Ragunan juga disediakan tempat bersenang-bersenang yaitu Children's Zoo yang mana tempat ini sangat cocok untuk anak-anak yang ingin bermain dan belajar mengenal tentang hewan-hewan. Tempat tersebut sangat cocok bagi orang tua yang ingin mengajarkan anaknya untuk lebih peduli dan menyayangi binatang, terlebih lagi anak-anak bisa berinteraksi langsung dengan binatang yang disediakan seperti kelinci, ayam, kambing, serta binatang lainnya yang tidak berbahaya bagi anak-anak termasuk binatang yang berasal dari negara lain juga disediakan. Selain bisa mengenal berbagai macam binatang yang tidak berbahaya, anak-anak juga bisa bermain dan bersenang-senang di area bermain anak yang mana juga disediakan oleh pihak kebun binatang.

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan

Nah, bagi anda yang suka dengan binatang saya rasa Kebun Binatang Ragunan bisa dijadikan alternatif untuk dikunjungi ketika berada di Jakarta. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan disana termasuk jalan-jalan sambil menikmati sejuknya alam seperti di dalam hutan yang asri. Jika tertarik berkunjung kesana tanpa menggunakan kendaraan pribadi bisa menggunakan transportasi umum yang menuju ke arah kebun binatang Ragunan diantarnya yaitu;
  • Bus Transjakarta koridor 6
  • Kopaja S13 AC via koridor 8, 1, dan 9
  • Kopaja S602 AC via koridor 6, 9, dan 1
  • Kopaja P19 AC via koridor 1
  • Kopaja S68
  • Kopaja S605A
  • Kopaja S612
  • Metromini S77
  • Mikrolet M42
  • KWK S15A
  • KWK S19
Yang perlu diingat bagi wisatawan yang ingin berkunjung melihat berbagai macam binatang ke Ragunan ialah Hari Senin sebagai hari libur satwa, jadi usahakan selain hari Senin ya?
Hari libur bagi satwa bertujuan agar satwa dapat hidup sehat, tumbuh dan berkembang secara baik sehingga pada akhirnya satwa akan menjadi lebih sejahtera.
Hari libur satwa dilaksanakan setiap hari Senin dalam satu minggu dengan cara penutupan Taman Margasatwa Ragunan untuk pengunjung. Apabila hari Senin adalah hari libur nasional, maka pelaksanaan hari libur satwa menjadi hari Selasa

No comments:

Post a Comment