Thursday, November 27, 2014

Perubahan pada benda

Ada banyak benda di sekitar kita. Benda - benda tersebut dapat mengalami perubahan. Bentuk perubahan benda tersebut meliputi pelapukan, pengaratan, dan pembusukan. Perubahan - perubahan pada benda terjdi karena berbagai faktor.
1. Pelapukan.
Benda - benda yang terbuat dari batu dan kayu mudah mengalami pelapukan. Pelapukan kayu dipengaruhi oleh kelembapan udara. Semakin lama kayu disimpan di tempat lembap,tingkat pelapukannya semakin besar. Benda - benda yang dapat mengalami pelapukan antara lain batu,tembok, dan biji-bijian.

gambar di ambil dari : fti.uajya.id






Pada tembok pelapikan disebabkan oleh lumut dan tanaman merambat yang hidup di tembok. Adapun biji-bijian yang dapat mengalami pelapukan antara lain biji padi,jagung, dan kedelai. Biji - biji seperti ini jika disimpan terlalu lama dapat mengalmi pelapukan. Pelapukanpada biji - bijian disebabkan oleh jamur dan binatang - binatang kecil.

Berdasarkan penyebabnya, pelapukan dapat di bedakan menjadi 3 macam.(1) Pelapukan fisik atau mekanik (2) Pelapukan Kimia (3) Pelapukan biologi/Makhluk hidup

Ada berbagai cara untuk mencegah pelapukan atau memperlambat pelapukan Yaitu : Pelapukan kayu dapat di cegah dengan cara melapisi kayu menggunakan cat atau pelitur,Pelapukan pada tembok rumah dapat dicegah dengan melapisi tembok menggunakan semen kemudian di cat, dan Pelapukan pada biji - bijian dapat dicegat dengan menyimpan biji - bijian di tempat tertutup dan tidak lembab ( kering).

2.  Pengaratan.
Pengaratan terjadi pada benda- benda yang terbuat dari logam. Misalnya besi,baja, dan seng. Pengaratan terjadi karena pengaruh air dan udara. Logam yang sering terkena air dan udara akan cepat berkarat. Terjadinya pengaratan di tandai dengan adanya lapisan berwarna merah kekuningan pada logam.

sumber gambar : wikipedia

Pengaratan dapat di cegah dengan cara pengecatan. Melapisi logam dengan menggunakan plastik dan melapisi logam dengan logam yang lebih tahan karet.seperti melapisi besi dengan kromium (krom)

3. Pembusukan
Pembusukan sering terjadi pada makanan yang sudah terlalu lama di simpan dan akan menjadi busuk. Pembusukan makanan disebabkan oleh proses penguraian yang dilakukan mikroba dapat berupa jamur dan bakteri. Mikroba hidup di air dan udara.
    gambar di ambil dari :
Pembusukan makanan dapat dicegah dengan cara (a).pengeringan(b)pendinginan(c)pengasinan dan pemanisan(d) pengasapan dan (e) pemanasan


No comments:

Post a Comment