Sunday, November 30, 2014

Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong Di Gresik Jawa Timur. Para Penelusur pernah belum bekunjung disebuah klenteng?, cobalah untuk mengunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur ini. Kelenteng Kim Hin Kiong berlokasi di Jalan Dr. Setia Budi Gang Klenteng No. 56 Kelurahan Pulo Pancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Dari alun-alun Kota Gresik jaraknya sekitar 400 meter dengan melewati akses jalan berupa gang dengan banyak bangunan kuno ala daerah pecinan. Masuk saja di gang sebelah Alfamart Alun-alun sampai ada perempatan, kemudian belok kiri sudah terpampang jelas Klenteng megah dengan warna dominan merah ini.

Para Penelusur tau ga fakta unik tentang klenteng ini?, usut punya usut ternyata Kelenteng Kim Hin Kiong merupakan sebuah kelenteng tua, dan kabarnya merupakan satu-satunya kelenteng yang ada di Kota Gresik. Klenteng yang usianya diperkirakan sudah mencapai 370 tahunan ini masih terawat dengan baik. Klenteng ini dibangun oleh orang-orang Tiongkok yang merantau, dan kemudian menetap di Gresik. Para perantau yang akhirnya menetap untuk berdagang itu mendatangkan tukang insinyur langsung dari Guandong, Tiongkok. Klenteng Kim Hin Kiong ini merupakan tempat peribadatan Tridharma (Taoisme, Budhis dan Konfusius). angunannya tampak berdiri kokoh, tidak seperti bangunan cagar budaya di Gresik lainnya. Di bawah gapura depan terdapat tulisan berbunyi “Tempat Ibadat Tri Dharma Gresik”, lalu adan tulisan Cina di bawahnya berselang-seling dengan tulisan Kim, Hin dan Kiong, dan arsitekturnya yang khas didominasi oleh warna merah dan kuning.

Ayo kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur ini, berikut beberapa gambar Kelenteng Kim Hin Kiong khusus untuk Para Penelusur.

kelenteng kim hin kiong 5 Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

kelenteng kim hin kiong 7 Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

kelenteng kim hin kiong 8 Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

kim hin Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

klenteng Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

klenteng kim Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

Buat Para Penelusur, jika kalian suka dengan artikel ini tolong kasih comment dan share ya siapa tau teman-temanmu belum tau Kelenteng Kim Hin Kiong icon smile Ayo Kunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong di Gresik Jawa Timur

Bagaimana? tertarik untuk mengunjungi Kelenteng Kim Hin Kiong ini?

Ayo ajak keluarga, teman atau siapalah untuk kesini!!

No comments:

Post a Comment