Thursday, November 27, 2014

Manfaat Air bagi tubuh

Jangan menyepelekan air karena ternyata air memiliki  fungsi penting bagi tubuh manusia. Beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.di bawah ini kita akan membahas beberapa fungsi air yang diperlukan oleh tubuh.

 
 sumber : wikipedia Bahasa Indonesia

1. Pembentukan sel dan cairan tubuh .Komponen utama sel adalah air, sebesar 70-85% di dalam sel terdapat lemak kurang dari 10% air berperan besar dalam darah ( mengandung 83%air), cairan lambung,hormon,enzim,otot,dan juga berguna dalam menjaga gerakan otot sehingga otot mampu berkontraksi.
2. Pengatur suhu tubuh.Air dapat menghasilkan panas,menyerap dan menghantarkan panas keseluruh tubuh, sehingga tubuh tetap stabil. Selain itu juga membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru - paru dan permukaan kulit dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh
3. Pelarut zat - zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan. Air membantu produksi air liur saat makanan di mulut,, melarutkan makanan dan membantu melumasi makanan agar masuk ke kerongkongan.
4. Pelumas dan bantalan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam bentuk cairan sehingga sendi dapat bergerak dengan baik den meredam gesekan antarsendi. Selain itu, air menjadi bantalan tahan getar pada jaringan tubuh, seperti pada otak dan mata.
5. Media Transportasi. Air membantu pertumbuhan dan regenerasi sel secara efektif dan menjadi media berbagai zat dengan sifat dan kutub ion yang berbeda. selain itu, air membantu transportasi oksigen dalam tubuh dan sebagai media transportasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan nafas.
6. Media Eliminasi sisa metabolisme. Dengan air, sisa - sisa metabolisme dalam tubuh dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, serta saluran nafas dan kulit

Disadur dari buku siswa kurikulum 2013 dan http.www.readersdigest.co.id


No comments:

Post a Comment