Monday, November 24, 2014

Mengenal Negara - Negara Besar di tiap Benua


1.  Jepang
Jepang merupakan Negara yang terdiri atas gugusan pulau yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di Timur Benua Asia. Pulau – pulau Utama Jepang dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu,Shikoku dan kepulauan Kyusu. Jepang Memiliki sejumlah 3.000 pulau kecil.letak astronomis Jepang, yaitu 20° LU – 45,5° Lu dan 122° BT - 153° BT. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jepang dan Mata uangnya adalah Yen
Jepang merupakan Negara kawasan Asia Timur yang maju karena perekonomian dan perindustriannya yang menyaingi Amerika dan Negara – Negara Eropa lainya.
Besarnya hasil pertanian didukung oleh kesuburan lahan pertanian yang didukung oleh kesuburan lahan pertanianya karena tanahnya mengandung abu vulkanis dan teknologi pertanian yang maju. Hasil pertaniannya meliputi padi, kentang,jagung,gandum,kacang2an,the buah – buahan, sayur – sayuran dan lain sebagainya
       Jepang memiliki 4 musim. Di kawasan Utara Jepang memiliki iklim yang sangat sejuk pada musim salju dan bagian selatan Jepang memiliki iklim subtropics. Pada akhir musim panas dan awal musim gugur sering terjadi angin topan. Kenampakan alam Jepang antara lain Gunung api. Gunung yang paling tinggi adalah gunung Fuji dengan ketinggian 3.776 m.


Kenampakan buatan yang ada di Jepang sbb:
a.   Patung Budha di Todaiji,Nara yang dibuat tahun 752
b.   Bandara Internasional Kansai yang di bangun di atas sebuah pulau Buatan



2.   Australia
Terletak di sebelah tenggara Indonesia yang berbatasan Indonesia yang berbatas dengan Samudera Hindia dan Samudra Pasifik. Ibukota Australia dalah Canberra dan di pimpin oleh Perdana Mentri.
       Wilayah Utara Australia tidak ada musim dingin seperti Australia bagian Selatan. Wilayah bagian tengah merupakan tanah gersang .daerah pesisir, terutama bagian tenggara. Menerima curah hujan yang cukup subur untuk pertanian dan peternakan. Derah lainya merupakan wilayah peralihan antara daerah gersang dan daerah subur dan daerah tersebut digunakan untuk peternakan sapid an domba.
       Penduduk Australia berjumlah sekitar 19 juta jiwa yang merupakan keturunan Inggris dan Irlandia. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin.
       Australia memeliki keanekaragaman flora dan fauna.Kanguru dan Koala merupakan hewan yang menjadi cirri khas Australia.



No comments:

Post a Comment